Cara Reset Windows 10 Dengan Fitur Recovery

Windows 10 memiliki fitur recovery untuk menangani gangguan yang terjadi pada sistem. Cara reset Windows 10 dengan fitur recovery, merupakan pilihan yang bijak untuk mengembalikan sistem seperti semula.

Gangguan pada sistem operasi Windows 10 bisa terjadi kapan saja dan tanpa disadari. Penyebabnya pun beragam. Jika sudah demikian, maka Windows 10 akan terasa berat dan berjalan lebih lamban.

Tidak ada cara lain selain mengembalikan kondisi sistem Windows 10. Dengan kata lain, kita harus mereset Windows 10 agar performanya kembali pada kondisi semula.

Cara Reset Windows 10 dapat dilakukan dengan fitur recovery. Prosesnya tergolong mudah. Sehingga pengguna biasa pun tidak akan mengalami kesulitan ketika melakukannya.

Sebelum melakukan reset Windows 10, ada beberapa saran yang sebaiknya dipatuhi terlebih dahulu, yaitu :

- Backup terlebih dahulu data-data penting yang berada pada partisi sistem atau Local Disk (C:). Secara default, data-data penting yang dimiliki pengguna berada pada folder; Desktop, Documents, Downloads, Pictures, Music, dan Videos.



- Periksalah kembali dengan teliti dan lakukan backup. Apabila data-data tersebut dinilai tidak penting maka abaikan saja proses backup.

- Pasang atau koneksikan Adaptor charger pada laptop, sebelum proses reset Windows 10.  Hal ni untuk mencegah habisnya daya baterai secara tiba-tiba, saat proses recovery tengah berlangsung.

Cara reset Windows 10 dengan fitur recovery dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini :

1.  Buka Windows Setting

Membuka jendela Windows Setting dapat dilakukan dengan dua cara yaitu;

Cara pertama :
Melalui kombinasi tombol keyboard. Caranya, tekan dan tahan tombol windows  kemudian tekan tombol huruf I secara bersamaan, sehingga tampil jendela Windows Setting.

Cara kedua :
- Arahkan pointer mouse pada logo Windows di sebelah kiri taskbar.
- Klik logo Windows untuk menampilkan Start Menu
- Kemudian klik pada icon Setting di bagian kiri untuk menampilkan Windows Setting.




2. Buka Update & Security

Setelah jendela Windows Setting ditampilkan, cari icon menu dengan nama Update & Security. Biasanya terletak di bagian bawah.

Kemudian klik untuk menampilkan menu Update & Security.


Cara reset Windows 10 yang kedua buka update and security


3. Buka Menu Recovery

Setelah menu Update & Security ditampilkan, selanjutnya akan terlihat daftar menu lanjutan yang ada di bagian sebelah kiri.

Arahkan mouse dan klik pada Recovery untuk menampilkan pilihan yang tersedia di dalam menu Recovery, seperti gambar di bawah ini.


Cara reset Windows 10 yang ketiga pilih Recovery


4. Klik Pada Reset This PC

Setelah menu Recover terbuka, anda akan menemukan beberapa cara dan pilihan untuk melakukan recovery. Diantaranya yaitu; Reset This PC, Advanced Startup dan More recovery options.

Cara reset Windows 10 melalui fitur Recovery yang akan kita gunakan adalah Reset This PC. Dan untuk memulainya arahkan mouse kemudian klik pada Get Started.


Cara reset Windows 10 yang keempat pilih reset this laptop


5. Memilih Opsi Reset

Berikutnya akan tampil jendel Reset This PC. Anda diminta untuk memilih opsi yang akan diterapkan ketika sistem mereset Windows 10.

Ada 2 (dua) pilihan yang tersedia untuk reset Windows 10, yaitu :

5.1 Cara reset Windows 10 dengan opsi Keep my files.

Dengan memilih opsi Keep my files, maka selama proses reset, Windows 10 hanya akan menghapus aplikasi-aplikasi dan pengaturan-pengaturan, namun tetap mempertahankan file-file milik penggunanya.

Jika demikian, maka semua pengaturan dan aplikasi yang pernah atau baru anda buat dan install seluruhnya akan terhapus. Yang tersisa hanya aplikasi bawaan dan pengaturan default dari Windows 10.

Tidak perlu khawatir jika memilih opsi Keep my file. Karena file file personal yang anda miliki tidak akan terhapus.

Dengan kata lain, opsi Keep my file adalah cara mengembalikan laptop ke pengaturan awal tanpa menghapus data.

Untuk reset windows 10 tanpa kehilangan data adalah sebagai berikut :

a. Pilih dan klik Keep my file pada opsi yang tersedia
b. Klik Next untuk memulai proses reset (Windows 10 akan restart)
c. Tunggu hingga proses selesai


Cara reset Windows 10 memilih opsi Keep my file


5.2. Cara reset windows 10 remove everything.

Cara ini adalah kebalikan dari cara sebelumnya. Jika sebelumnya proses reset masih mempertahankan file-file personal, maka pada opsi yang kedua ini proses reset akan menghapus semua data-data personal anda.

Cara reset Windows 10 dengan opsi Remove everything sebenarnya akan memberikan hasil yang jauh lebih baik. Karena sistem Windows 10 akan benar-benar bersih seperti baru tanpa adanya file-file lama yang tersisa.
Perlu diperhatikan bahwa cara reset Windows 10 Remove everything memberikan anda 2 pilihan yaitu :

- Opsi Pertama :
Menghapus semua file yang berada pada partisi sistem atau Local Disk C:.

- Opsi Kedua :
Akan menghapus semua file yang berada pada semua partisi.

Jadi seandainya anda memiliki lebih dari satu partisi, misalnya Local Disk C: Local Disk D:, E:, atau F:, maka pada opsi pertama, penghapusan hanya akan dilakukan pada partisi yang berisi Windows 10. Sedangkan partisi lainnya yang ada pada hardisk akan aman.



Apabila anda merasa bahwa file-file personal yang ada di Local Disk C: bukanlah file penting, maka anda dapat memilih opsi Remove everything yang pertama. Tentunya dengan asumsi bahwa Windows 10 berada pada Local Disk C:

Demikian juga jika anda telah membackup file-file personal yang ada di partisi sistem, maka memilih opsi pertama menjadi pilihan yang tepat.

Cara reset windows 10 remove everything menggunakan opsi pertama adalah sebagai berikut :

a. Pada jendela Choose an option, klik Remove everything.


Cara reset Windows 10 Remove everything


b. berikutnya pilih opsi pertama, Only the drive where Windows is installed.


Cara reset Windows 10 pilihan remove drive


c. Pilih dan klik Just remove my files.


Cara reset Windows 10 pilihan just remove file


d. Klik Reset untuk memulai proses reset (sistem akan restart).


Cara reset Windows 10 memulai proses Reset


e. Tunggu hingga proses reset selesai.

Ketika proses reset selesai, anda dapat memeriksa bahwa file-file yang terhapus hanyalah file-file yang berada pada partisi sistem.

Sedangkan untuk Cara reset windows 10 remove everything pada opsi yang kedua, sistem akan menghapus seluruh file, yang terdapat di setiap partisi.

Opsi yang kedua lebih tepat dilakukan apabila anda berencana menjual laptop. Sehingga nantinya, Windows 10 akan kembali seperti baru tanpa adanya data-data milik anda.

Demikianlah cara reset Windows 10 dengan fitur Recovery. Jika Windows 10 anda terasa lamban dan berat, mungkin sudah saatnya melakukan reset. Cobalah reset Windows 10 anda sebagaimana cara-cara di atas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Reset Windows 10 Dengan Fitur Recovery"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel