Cara Melihat Ram Laptop dan PC di Windows

Bagaimanakah cara melihat ram laptop dan PC?. Pertanyaan yang biasanya muncul ketika seseorang ingin mengupgrade spesifikasi dari laptop dan PC yang dimiliki. Informasi mengenai ram (random access memory) memang merupakan hal penting ketika berencana melakukan upgrade.

Pilihan untuk mengupgrade laptop dan PC biasa dilakukan, apabila ingin meningkatkan performa sistem atau untuk keperluan khusus, seperti menjalankan game dan software tertentu.

Cara melihat ram laptop dan PC sebenarnya mudah. Namun yang perlu diperhatikan adalah, informasi seperti apa yang sebenarnya anda butuhkan. Apakah hanya ukuran atau kapasitasnya saja?. atau secara detail termasuk frekuensi dan tipenya.

Sebelum lebih jauh, Perlu di ketahui bahwa cara melihat ram laptop dan pc yang benar adalah dengan memperhatikan 3 (tiga) hal. Ketiganya merupakan informasi penting yang selalu berhubungan dengan ram, yaitu :

  • Berapa besar kapasitasnya. Biasanya diukur dalam satuan Gigabyte (GB)
  • Berapa frekuensinya. Biasanya diukur dalam satuan Megaheartz (MHz)
  • Apa jenis atau tipenya. Biasanya ditandai dengan istilah DDR2, DDR3, DDR4 dan seterusnya.
  • Berapa nilai timingnya.


Sebenarnya ada banyak cara cek ram laptop dan PC. Namun di artikel ini saya hanya akan menggunakan 3 cara saja. Dan saya berharap ketiganya dapat mewakili cara-cara yang lainnya.

Ketiga cara untuk mengetahui informasi mengenai ram yang terpasang pada laptop dan PC adalah sebagai berikut :

1.  Melihat RAM Laptop dan PC Melalui Control Panel Windows

Cara melihat ram laptop dan PC yang paling mudah adalah melalui Control Panel yang terdapat pada sistem operasi Windows.

Ya, Windows sebenarnya telah menyediakan fitur untuk melihat informasi singkat mengenai kondisi sistem dan hardware yang sedang digunakan.

Informasi yang disajikan meliputi; jenis dan kecepatan processor, kapasitas ram yang terpasang, tipe sistem operasi dan lain sebagainya.

Untuk melihat ram laptop atau komputer melalui control panel di Windows 7, 8 dan Windows 10 adalah berikut :

a. Cara melihat ram laptop Windows 7

Buka jendela System di Control Panel dengan cara :

Tekan kombinasi tombol  logo Windows  tombol windows dan tombol Pause/Break Pause Break pada keyboard secara bersamaan.

Atau bisa juga dengan langkah-langkah berikut :

- Klik pada tombol Start Menu
- Klik kanan pada Computer
- Klik Properties

Seperti terlihat pada gambar di bawah ini :


Cara melihat ram laptop di system control panel melalui computer properties


Selanjutnya akan tampil jendela System yang mememuat beberapa informasi singkat mengenai laptop dan PC yang sedang digunakan.

Beberapa informasi yang ditampilkan diantaranya :

- Versi Windows yang digunakan.
- Processor yang digunakan.
- Memory (RAM) yang terpasang.
- Tipe dari System Windows yang digunakan (32/64 bit).

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini :


Cara melihat ram laptop di system control panel melalui shortcut keyboard


Dalam kotak berwarna biru (sesuai tanda panah) adalah informasi mengenai kapasitas memori atau ram yang terpasang pada komputer. Terlihat bahwa kapasitas ram yang terpasang adalah 4 GB.

b. Cara melihat ram laptop Windows 10

Meskipun tidak sama persis, namun untuk mengetahui informasi ram di Windows 10 tidaklah berbeda jauh dengan cara yang telah kita lakukan pada Windows 7.

Seperti cara sebelumnya, tekan kombinasi tombol logo Windows tombol windows dan tombol Pause Pause Breakpada keyboard secara bersamaan, guna menampilkan jendela System di Control Panel.

Apabila dilakukan dengan tepat maka akan tampil jendela System dengan beberapa informasi dasar dari komputer yang sedang digunakan, seperti gambar di bawah ini :




Terlihat bahwa besarnya ram yang terpasang adalah 2 GB.

Apabila cara melihat ram laptop seperti di atas tidak dapat dilakukan (karena tombol keyboard rusak atau tidak berfungsi), maka bisa menggunakan cara yang berikutnya yaitu :

- Klik pada icon Search yang terletak di area taskbar
- Ketik " about " (tanpa tanda kutip) pada form search yang tersedia
- Kemudian klik About your PC, seperti terlihat pada gambar dibawah ini :


cara melihat ram laptop melalui fitur search di windows 10


Selanjutnya akan tampil jendela About dengan beberapa informasi dasar mengenai sistem operasi dan spesifikasi yang sedang digunakan.

Pada kategori Device Specifications, dapat kita lihat seberapa besar kapasitas ram yang terpasang pada laptop atau PC yang digunakan, seperti gambar di bawah ini :




Namun perlu untuk diperhatikan bahwa, sistem operasi Windows hanya menampilkan informasi mengenai kapasitas ram yang terpasang, sehingga kita tidak mengetahui dengan pasti berapa frekuensinya dan apa tipenya.

Lantas bagaimana cara mengecek tipe ram laptop dan berapa besar frekuensinya?. Untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang ram, maka kita membutuhkan software khusus.

2.  Melihat RAM Laptop dan PC menggunakan Software

Ada banyak software yang dirancang khusus untuk mengetahui spesifikasi hardware pada laptop dan personal computer. Namun dalam artikel ini, saya hanya akan menggunakan 2 buah software.

Kedua software tersebut adalah sebagai berikut :

a. Cara melihat ram laptop menggunakan software Speccy

Speccy adalah sebuah software yang dirancang khusus untuk mengidentifikasi dan menampilkan data-data mengenai spesifikasi yang terdapat pada sebuah komputer.

Data spesifikasi yang ditampilkan oleh software Speccy tergolong lengkap. Mulai dari informasi sistem operasi, CPU, motherboard dan graphics, termasuk juga memori (RAM).


Untuk dapat menggunakannya, download terlebih file instalasinya di halaman resmi Speccy.

Cara melihat ram laptop dengan Speccy adalah sebagai berikut :

- Klik icon Speccy pada Desktop untuk menjalankan program

Pada tampilan awal, kita sudah akan menjumpai informasi dasar dari spesifikasi laptop atau komputer yang sedang digunakan.

Namun untuk memperoleh informasi yang lebih detail dan terperinci dari ram yang terpasang, maka kita akan melanjutkan pada langkah berikutnya :

- Klik pada kategori RAM yang terletak di menu bagian sebelah kiri.

Selanjutnya Speecy akan menampilkan data dan informasi mengenai kondisi ram yang terpasang. Data dan informasi ram tersebut disajikan secara detail dan dikelompokkan sesuai dengan jenis informasinya.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini ;


Cara melihat ram laptop menggunakan software speccy


Pada gambar tersebut dapat dilihat bahwa Speecy membagi atau mengelompokkan informasi berdasarkan beberapa kategori.

Setidaknya ada empat kategori informasi yang berhubungan dengan memori (ram), yaitu :

- Memory Slot
Kategori ini akan menginformasikan jumlah total slot ram (tempat ram) yang tersedia pada motherboard kamputer atau laptop. Speccy juga akan menginformasikan pada slot mana saja ram terpasang.

Pada contoh di atas terlihat bahwa, laptop yang saya gunakan memiliki 2 slot ram dan keduanya telah terpasang memori.

- Memory
Informasi pada bagian inilah yang kita butuhkan. Speccy akan mendata dan menampilkan informasi mengenai tipe ram, besarnya ukuran (kapasitas), Channel, lengkap dengan CAS Latency.

Terlihat bahwa laptop yang saya pakai menggunakan ram dengan tipe DDR2 dan memiliki kapasitas 4 GB. Apabila nantinya ingin mengganti ram, maka haruslah dengan tipe yang sama, yaitu DDR2.

- Physical Memory
Di bagian ini Speccy akan menampilkan jumlah total physical memori dan memantau besarnya penggunaan ram (memori).

Dan ini merupakan salah satu cara melihat sisa ram laptop. Dapat dilihat bahwa total physical memory yang terdapat pada laptop saya adalah 3,75 GB, penggunaan ram sebanyak 37% dan available physical (sisa ram yg tersedia) sebesar 2,33 GB.

- SPD

Informasi yang disajikan pada bagian ini didasarkan pada kondisi ram untuk tiap-tiap slot. Jika ram yang terdapat pada kedua slot berbeda jenis dan ukurannya, maka kita akan melihat perbedaannya.

Ini sekaligus merupakan cara melihat slot ram laptop Windows 10, 8 dan 7. Karena bagian SPD akan menginformasikan jumlah slot ram yang terdapat pada motherboard laptop, seperti gambar di bawah ini :


Cara melihat ram laptop berdasarkan slot SPD di speccy


Terlihat bahwa pada slot satu terpasang ram PC2-6400 dengan max bandwidth 400 MHz, sedangkan pada slot 2 terpasang ram PC2-5300 dengan max bandwidth 333 MHz.

Jika masih menginginkan informasi lainnya. silahkan untuk mengeksplore fitur-fitur Speccy yang lainnya.


Artikel terkait  :   Cara Menambah Ram Laptop Desain Tebal dan Slim

b. Melihat ram laptop dan PC menggunakan CPU-Z

Selain Speccy, masih banyak software sejenis yang dapat digunakan untuk melihat informasi dari ram yang terpasang pada laptop dan PC. Salah satunya adalah CPU-Z.

Saya menyertakan software CPU-Z sebagai tambahan referensi yang mungkin akan berguna bagi siapa saja yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang spesifikasi komputer.

CPU-Z merupakan software yang ditujukan untuk memantau dan melakukan pengujian terhadap kinerja hardware yang terpasang pada laptop maupun PC, khususnya CPU.

Sesuai dengan namanya, CPU-Z akan menyajikan informasi mengenai beberapa komponen yang berperan penting pada proses kerja komputer.

Komponen-komponen tersebut diantaranya adalah; Processor (CPU), Motherboard, Memory (RAM) dan Graphic (GPU).


Untuk mendapatkannya, anda dapat mengunjungi halaman resmi CPU-Z

Cara mengecek tipe ram laptop menggunakan CPU-Z adalah sebagai berikut :

- Klik icon CPU-Z pada desktop untuk membuka program.
- Kemudian klik pada Tab Memory.

Selanjutnya akan tampil informasi mengenai ram yang terpasang. Selain itu, melalui tab Memory ini, kita dapat melihat tipe, ukuran (kapasitas), channel serta frekuensi dari memory (RAM) yang sedang digunakan.

Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini :


Cara melihat ram laptop pada tab memory di CPU-Z


Terlihat bahwa laptop saya pakai menggunakan memory (RAM) dengan tipe DDR2 dan memiliki ukuran 4 Gigabyte.

Cara melihat ram laptop secara lebih detail juga dapat dilakukan oleh CPU-Z. Untuk memperoleh informasi yang lebih terperinci, anda dapat melakukan langkah berikut ini :

- Klik pada tab SPD

Berikutnya akan tampil informasi yang lebih rinci mengenai ram yang terpasang. Apabila terdapat lebih dari satu ram yang terpasang, maka kita dapat mengecek informasi ram dari masing-masing slot.

Beberapa informasi yang bisa anda lihat diantaranya adalah; Memory Slot, Type, Module Size, Part Number dan Timing, seperti gambar di bawah ini :


Cara melihat ram laptop pada tab SPD di CPU-Z


Dengan demikian kita dapat mengetahui dengan lebih detail mengenai kondisi memory yang sedang digunakan.

Itulah ketiga cara melihat ram laptop dan pc yang dapat dilakukan. Dengan ketiga cara tersebut kita dapat mengetahui informasi ram dengan mudah tanpa perlu mengamati secara fisik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Melihat Ram Laptop dan PC di Windows"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel