Error E05 Canon MP287 dan Cara Mengatasinya

Error E05 Canon MP287 mungkin tengah anda alami saat ini. Printer diam dan tidak merespon. Display pada printer hanya menampilkan E05. Apa Penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?.

Beberapa hari yang lalu seorang teman datang membawa printer Canon MP287 yang mengalami error E05. Sama seperti anda, saya pun bingung dan mencoba mencari tahu apa sebenarnya penyebabnya.

Setelah mencari berbagai informasi dan mencoba melakukan perbaikan, akhirnya saya mengetahui penyebab dan bagaimana cara mengatasi error E05 Canon MP287.

Saya pun berharap anda dapat mengatasi error E05 pada printer yang sedang digunakan, dengan mengikuti beberapa panduan di bawah ini.

1. Permasalahan Error E05 Canon MP287

Kita tentunya bingung ketika akan melakukan print, tiba-tiba printer diam dan tidak merespon. Hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah mencari tahu permasalahan apa yang sedang terjadi.

Ketika printer Canon MP287 tidak merespon, ada dua pemberitahuan yang akan kita temukan, yaitu :

  • Tampilnya kode Error pada layar display di printer
  • Jendela Notifikasi printer pada desktop komputer

Pada layar display printer biasanya akan menampilkan kode error tertentu sesuai dengan permasalahan yang sedang terjadi. Dan kali ini yang muncul tentunya kode error E05.

Untuk memudahkan penggunanya, printer akan menampilkan jendela notifikasi pada desktop komputer, mengenai permasalahan yang sedang terjadi.

Contoh jendela notifikasi dari printer yang mengalami permasalahan error E05, dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Jendela-notifikasi-error-E05-Canon-MP287

Dari pemberitahuan yang ditampilkan dapat kita ketahui bahwa permasalahan sebenarnya terletak pada cartridge printer.

Pada tulisan yang ditampilkan juga terdapat keterangan bahwa, cartridge tidak akui atau tidak terpasang dengan baik sehingga printer tidak dapat mendeteksi adanya cartridge yang terpasang.

2. Penyebab Error E05 Pada Printer Canon MP287

Setelah mengetahui permasalahan yang terjadi, mungkin anda akan memikirkan dua pertanyaan berikutnya.

Mengapa cartridge tidak terdeteksi? dan apa penyebabnya?.

Cartridge tidak terdeteksi dapat mengindikasikan bahwa terdapat penghalang antara chip yang ada pada cartridge dengan pin yang terdapat di dalam rumah cartridge.

Sehingga koneksi antara satu dengan yang lainnya tidak terjalin dan menjadi penyebab mengapa cartridge tidak dikenali.

Ada tiga kemungkinan penyebab cartridge tidak dapat terdeteksi, yaitu :

a. Chip pada Cartridge Kotor atau Rusak

Ini merupakan penyebab pertama yang mungkin terjadi. Konektor chjp pada cartridge kotor sehingga menjadi penghambat hubungan antara chip cartridge dengan pin pada rumah cartridge.

Penyebab ini sering terjadi karena kelalaian pada saat pengisian tinta. Ketika terlalu banyak menyuntikkan tinta ke dalam cartridge, maka ada kemungkinan tinta meluap dan membasahi bagian chip yang ada pada Cartridge.

Chip-cartridge-kotor-penyebab-error-E05-Canon-MP287

Kotornya chip pada cartridge juga bisa terjadi karena kesalahan meletakan jari saat memegang cartridge. Sehingga kotoran dan bekas tinta yang melekat pada jari akan pindah dan menempel pada chip cartridge.

b. Stiker Cartridge Terkelupas

Masalah error 05 pada Canon MP287 juga bisa disebabkan oleh adanya ruang kosong antara chip dan pin. Sehingga cartridge tidak berada dalam presisi yang baik.

Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa dudukan cartridge tidak berada pada posisi yang tepat. Hal ini mengakibatkan koneksi antara chip cartridge dan pin pada rumah cartridge tidak berjalan dengan baik.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh stiker cartridge yang terkelupas atau adanya benda lain di dalam rumah cartridge, sehingga cartridge tidak terkunci dengan baik pada posisinya



c. Pin Pada Rumah Cartridge (Carriage Unit) Kotor atau Rusak

Kotoran pada pin yang terdapat di dalam rumah cartridge juga bisa menjadi penyebabnya.

Ketika anda meletakkan cartridge yang terkena tinta pada bagian chipnya, maka tinta tersebut juga akan menempel pada pin di rumah cartridge.

Pin-rumah-cartridge-kotor-penyebab-error-E05-Canon-MP287

Masalah error 05 pada Canon MP287 juga dapat disebabkan oleh adanya kerusakan pada bagian pin.

Pemasangan cartridge yang tergesa-gesa dan tidak hati-hati, dapat membuat kawan pin menjadi bengkok.

3. Cara Mengatasi Error E05 Canon MP287

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang kita sudah memiliki sedikit gambaran mengenai cara mengatasi error E05 pada printer yang bermasalah.

Untuk memperbaiki error E05 Canon MP287, anda dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

a. Bersihkan Chip Pada Cartridge

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa chip yang terdapat pada cartridge. Apakah terdapat kotoran yang menutupi permukaan chip?.

Membersihkan-chip-cartridge-untuk-mengatasi-error-E05-Canon-MP287

Bersihkan kotoran berupa debu dan tinta pada permukaan chip dengan menggunakan cotton bud atau tisu halus.

Usaplah secara perlahan agar proses pembersihan tidak merusak chip cartridge. Bila noda membandel, gunakan cairan pembersih yang sesuai untuk membantu proses pembersihan.

Lap dan keringkan dengan tisu halus, kemudian pasang kembali cartridge pada rumahnya. Jika belum membuahkan hasil, cobalah cara yang berikutnya.

b. Rekatkankan Kembali Stiker Cartridge

Periksa stiker pada bagian atas cartridge. Apakah terkelupas dan terangkat ke atas. Jika terangkat, rekatkan kembali stiker pada cartridge menggunakan double tape.

Merekatkan-kembali-stiker-cartridge-untuk-mengatasi-error-E05-MP287

c. Bersihkan dan Perbaiki Pin Pada Rumah Cartridge (Carriage Unit)

Periksa pin atau kawat konektor yang terdapat pada rumah cartridge. Apabila kotor karena terkena tinta, bersihkan menggunakan cotton bud.

Namun perlu diperhatikan bahwa pembersihan harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak boleh terlalu menekan pin. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada pin di dalam rumah cartridge.

Membersihkan-pin-rumah-cartridge-mengatasi-error-E05-Canon-MP287

Jika anda tidak yakin untuk melakukannya, maka mintalah bantuan pada seseorang yang berpengalaman menangani printer untuk menolong anda.

Jangan menyentuh dan membersihkan pin pada rumah cartridge bila kondisinya dalam keadaan bersih dan bagus.

Lakukan pembersihan hanya jika anda yakin bahwa ada noda tinta yang menempel pada pin

d. Menggunakan Cara Alternatif

Dari berbagai informasi yang saya temukan pada beberapa situs menyatakan bahwa, terdapat sebuah cara alternatif untuk mengatasi cartridge yang tidak terdeteksi.

Cara alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan menambahkan lapisan tipis, menggunakan kertas karton pada bagian belakang cartridge.

Hal ini bertujuan untuk memberi sedikit dorongan, agar chip cartridge dapat menyentuh dengan baik pada pin yang ada di rumah cartridge.

Selain itu cara ini dilakukan agar cartridge dapat terkunci pada posisi yang presisi di dalam rumah cartridge.

Merekatkan-lapisan-tambahan-pada-cartridge-Canon-MP287

Saya telah mencoba cara alternatif tersebut, ternyata memang dapat memperbaiki masalah error E05 pada printer Canon MP287.

Namun saya tidak menyarankan pada anda agar menggunakan cara tersebut, karena ada beberapa hal yang semestinya harus kita pertimbangkan terlebih dahulu, yaitu :

  • Kita tidak tahu pasti berapa besar ketebalan lapisan yang diperlukan, agar chip cartridge dapat menyentuh baik tanpa merusak pin di rumah cartridge.
  • Apabila ukuran lapisan terlalu tebal  maka dorongan cartridge ke arah pin akan semakin kuat, sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada pin di rumah cartridge.
  • Tekananan cartridge yang terlalu besar juga bisa menyimpangkan arah pin dan dapat mengakibatkan short.

4. Saran

Dari ketiga poin utama di atas, ada beberapa saran yang mungkin bisa membantu anda mengatasi masalah error E05 Canon MP287, yaitu :

  • Coba dan test terlebih dahulu mengganti cartridge yang terpasang dengan cartridge yang masih berfungsi baik dari printer lainnya. Apabila error E05 tidak tampil lagi pada layar display printer maka permasalahannya ada pada cartridge. Gantilah cartridge dengan yang baru.
  • Apabila kondisi cartridge bagus namun error E05 tetap muncul, maka permasalahannya terletak pada rumah cartridge. Gantilah dengan yang baru.

Demikianlah beberapa hal tentang penyebab error E05 Canon MP287 dan cara mengatasinya. Periksalah denagn teliti penyebabnya dan lakukan pertbaikan dengan hati-hati.

Latest


EmoticonEmoticon