Cara Print Dengan Wifi Melalui Sharing Printer

Cara print dengan wifi merupakan satu dari sekian hal yang perlu diketahui oleh para pengguna komputer. Terlebih bagi mereka yang berprofesi sebagai karyawan kantoran.

Karena pada umumnya jumlah printer jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah komputer/laptop yang dimiliki oleh karyawan pada sebuah kantor. Sehingga tidak semua meja karyawan akan dilengkapi printer

Bila di meja anda telah disediakan sebuah printer maka sudah seharusnya anda berbangga. Tidak semua pegawai seberuntung anda. Meski demikian tidak perlu berkecil hati bila memang di meja anda tidak terdapat printer.

Anda tidak perlu menyalin file ke dalam flashdisk atau mengangkat laptop untuk mendatangi kabel printer saat ingin melakukan print. Ada cara yang lebih mudah yaitu print dengan wifi melalui sharing printer.

Saat ini hampir sebagian besar kantor memiliki setidaknya satu buah akses point wifi. Ini biasanya digunakan untuk membagi koneksi internet yang ada kepada seluruh staf.

Apabila laptop anda terhubung pada akses point tersebut maka anda dapat melakukan print dengan wifi melalui sharing printer. Atau dengan kata mudahnya berbagi printer melalui wifi.

Pada intinya, kita akan memfungsikan komputer atau laptop yang terhubung dengan printer sebagai server. Selanjutnya server inilah yang akan mengatur agar printer dapat digunakan juga oleh pengguna lainnya yang berada dalam satu jaringan yang sama.

Ada berbagai cara untuk berbagi printer. Namun menurut saya, cara sharing printer di bawah ini merupakan cara yang tergolong mudah untuk melakukan print melalui wifi. Walaupun printer anda meskipun printer anda belum memiliki fasilitas wifi.

Sebelum kita dapat melakukan print dengan wifi, ada beberapa tahapan pengaturan yang harus dibuat terlebih dahulu.

Dan anda setidaknya telah memiliki beberapa persyaratan dasar untuk kebutuhan pengaturan. Beberapa kebutuhan dasar untuk pengaturan sharing printer yaitu:

  • Satu buah akses point Wifi
  • Sebuah komputer/laptop yang terhubung langsung dengan printer (berfungsi sebagai server).
  • Satu buah printer.
  • Satu buah komputer/laptop (sebagai Client)

Jika semuanya telah tersedia, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan beberapa hal penting di bawah ini :

1. Persiapan Koneksi ke Akses Point Wifi

Hampir sebagian besar kantor biasanya memiliki koneksi internet. Satu koneksi internet tersebut dibagikan keseluruh staf melalui wireless yang berfungsi sebagai akses point. Koneksi wifi inilah yang akan kita manfaatkan untuk berbagi printer.

Agar dapat saling terhubung, koneksikan semua komputer atau laptop ke dalam satu akses point wifi yang sama. Itu artinya jika ternyata terdapat lebih dari satu akses point, maka koneksikan semuanya (server dan client) pada akses point wifi dengan nama yang sama.
Penting untuk diperhatikan bahwa ketika anda mengkoneksikan laptop ke akses point maka anda harus memilih Home network pada bagian Set Network Location.
Dengan cara tersebut nantinya kita dapat membuat sebuah jaringan Homegroup melalui perantara akses point wifi.

Dan selanjutnya, Homegroup tersebutlah yang akan mengatur hubungan dan komunikasi antara semua perangkat yang terhubung.

2. Persiapan Printer dan Komputer untuk Server

Dalam artikel ini, Komputer atau laptop yang bertindak sebagai server adalah komputer pembuat Homegroup. Agar lebih mudah dimengerti dan mudah dibedakan, kita namakan saja dengan istilah komputer server.

Jadi nantinya kita akan membuat Homegroup melalui komputer server dan kemudian membagi printernya ke seluruh Client (perangkat yang terhubung ke dalam jaringan Homegroup).

Sebenarnya pada jaringan Homegroup semua komputer atau laptop yang terhubung, dapat melakukan sharing printer. Namun agar tidak membingungkan, kita hanya akan berbagi printer yang terhubung pada komputer server.

Sebelum melanjutkan pengaturan sharing printer, pastikan anda telah mempersiapkan beberapa hal berikut ini :

  • Driver printer telah terinstall dengan baik pada komputer server.
  • Kabel usb printer telah terhubung dengan baik pada komputer server.
  • Komputer server dapat melakukan print.
  • Komputer  / Laptop server dapat terkoneksi dengan akses point wifi.

Apabila semuanya telah siap, kita akan melanjutkan ke tahapan berikutnya.

3. Membuat Homegroup dan Sharing Printer

Agar dapat melakukan print dengan wifi maka tahapan selanjutnya adalah membuat Homegroup serta mengatur sharing printer.

Pada bagian ini terdapat dua pengaturan yang harus dilakukan, yaitu :

- Pengaturan pada komputer server (warna merah)
- Pengaturan pada komputer client (warna biru)

Pada artikel ini, saya menggunakan sistem Windows 7. Jika anda menggunakan Windows 8 atau Windows 10 maka caranya tidak akan berbeda jauh.

A. Pengaturan Komputer / Laptop Server

Lakukan beberapa pengaturan pada komputer/laptop server dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

- Memeriksa koneksi wifi pada komputer server
Sejauh ini, saya menganggap bahwa anda telah terkoneksi dengan baik pada akses point. Namun untuk memastikannya lagi, lakukan langkah berikut ini :

  • Arahkan mouse pada area notifications.
  • Kemudian klik pada icon sinyal wifi.

Jika mengalami kendala, anda dapat melihatnya pada gambar yang terdapat di poin 2).

- Mengatur Set Network Location pada komputer server
Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa, pastikan anda memilih Home network pada bagian Set Network Location. Untuk memastikan dan mengubahnya, ikuti langkah-langkah dengan gambar di bawah ini:

  • Klik sekali lagi icon wifi pada area notifications.
  • Kemudian klik pada Open Network and Sharing Center.

Membuka-Open-Network-and-Sharing-Center-di-komputer-server

Setelah itu akan tampil jendela Network and Sharing Center. Di dalamnya terlihat Network Location yang digunakan pada koneksi wifi anda saat ini.

Pada contoh ini, Network Location yang saya gunakan adalah Public network. Agar dapat melakukan sharing printer melalui Homegroup, maka kita harus berada pada Home network.

Untuk mengubah Publik network -- menjadi -- Home network, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Klik pada tautan yang bertuliskan Public network (seperti terlihat di gambar).

Mengatur-Network-Location-di-komputer-server


Kemudian pada jendela Set Network Location pilih dan klik Home network.

Mengubah-Network-Location-ke-Home-network-di-komputer-server

- Membuat Jaringan Homegroup pada komputer server  
Secara default dan otomatis, anda akan di arahkan ke dalam pembuatan Homegroup. Oleh karena itu selanjutnya akan muncul jendela Create a Homegroup.

Dalam proses pembuatan Homegroup, anda akan diminta untuk melakukan pengaturan sharing di dalam Homegroup. Centang pada tanda printer dan biarkan yang lainnya kosong.

Mengatur-sharing-printer-dalam-Homegroup-di-komputer-server

Kemudian klik Next.

Tunggu sejenak hingga proses pembentukan Homegroup selesai.

Setelah proses pembentukan selesai, anda akan mendapatkan sebuah password untuk Homegroup yang baru dibentuk.

Password-Homegroup-untuk-komputer-client

Password ini yang nantinya akan digunakan oleh komputer Client saat akan bergabung ke dalam Homegroup tersebut. Jadi catatlah dengan baik password tersebut.

Sampai disini pengaturan komputer / laptop server selesai.

B. Pengaturan Komputer / Laptop Client

Selanjutnya adalah mengatur komputer client agar dapat menggunakan printer yang telah di sharing oleh komputer server. Untuk itu ikuti langkah-langkah di bawah ini :

- Mengatur Network Location Pada Komputer Client
Pertama, Samakan terlebih dahulu pengaturan Network Location yang ada di komputer client dengan Network Location yang digunakan oleh komputer server, dengan cara :

  • Klik icon Sinyal Wifi pada Notification Area di sebelah kanan taskbar.
  • Kemudian klik Open network and sharing center.

Membuka-Network-and-Sharing-Center-di-Komputer-Client

Pada jendela Network and Sharing Center, lihat dan amati pada bagian View your active networks. Jika statusnya menunjukkan Public network maka harus diubah terlebih dahulu menjadi Home network. Bisa dilihat pada gambar.

Pengubahan ini dilakukan agar komputer server dan komputer client berada dalam satu jaringan yang sama dan dapat berkomunikasi melalui homegroup.

Untuk mengubah Public network menjadi Home network lakukan langkah-langkah berikut ini :

Klik pada tautan Public network

Mengatur active network di komputer client

Kemudian akan tampil jendela Set Network Location.

Klik Home network yang berada pada pilihan paling atas, sesuai gambar di bawah ini.

Mengubah-Publik-network-menjadi-Home-network-di-komputer-Client

Perlu diperhatikan bahwa jika pada koneksi wifi laptop / komputer client telah menunjukkan status Home network, maka supaya lebih mudah, ubahlah dulu menjadi Publik network kemudian restart komputer client. Ini bertujuan agar wifi dapat mendeteksi secara otomatis Homegroup yang baru saja kita buat pada komputer server.
Setelah anda melakukan klik pada Home network, sistem selanjutnya akan mencari homegroup yang berada dalam jaringan.

- Pengaturan Join a Homegroup Pada Komputer Client
Tunggu sejenak hingga tampil jendela Join a Homegroup, Di dalamnya terdapat lima buah checkbox, yang dapat anda gunakan untuk keperluan berbagi file dan printer.

Kosongkan saja  jika anda tidak ingin berbagi file dan printer ke pengguna lainnya yang ada di dalam homegroup. Namun jika memang dibutuhkan, anda dapat memberi tanda centang pada checkbox sesuai dengan kebutuhan.

Jendela join a homegroup di komputer client

Untuk saat ini, biarkan saja checkbox tersebut dalam keadaan kosong. Klik Next untuk melanjutkan.

- Memasukkan Password Homegroup Pada Komputer Client
Berikutnya akan muncul jendela untuk memasukkan password Homegroup. Ketik password yang sebelumnya telah kita dapatkan pada komputer server (lihat password sebelumnya).

Memasukkan-password-untuk-bergabung-ke-Homegroup

Klik Next untuk melanjutkan.

Sistem Windows akan menghubungkan komputer / laptop client ke dalam homegroup yang telah kita buat. Tunggulah sejenak hingga proses selesai.

Berikutnya akan tampil jendela pemberitahuan bahwa anda telah tergabung ke dalam Homegroup. Klik Finish untuk mengakhiri pengaturan.

Sejauh ini pengaturan Homegroup pada komputer client telah selesai.

C. Pengaturan Printer Pada Komputer / Laptop Client

Selanjutnya kita akan melakukan pengaturan printer. Untuk memastikan apakah printer pada komputer server telah terhubung, kita dapat melihatnya di dalam Devices and Printers di Control Panel. Untuk itu lakukan langkah-langkah berikut :

  • Klik Tombol Start dibagian kanan Taskbar
  • Kemudian pilih dan klik pada Devices dan Printers pada Start Menu.

Masuk-ke-Devices-and-Printers

Seharusnya telah terdapat penambahan printer baru yang merupakan printer yang terhubung langsung dengan komputer server.

Cobalah periksa dengan seksama, apakah printer yang terhubung pada komputer server sudah terlihat dalam daftar printer?.

Pada artikel ini, saya menggunakan printer Canon MP230 yang terhubung pada sebuah laptop (server) dengan nama komputer PANDI-PC.

Jadi pada intinya, Laptop PANDI-FC terhubung langsung dengan printer Canon MP230 dan membagi printernya melalui Homegroup dengan perantara akses point wifi.

Anda dapat melihat detailnya pada gambar di bawah ini.

Memeriksa-Printer-dalam-homegroup-pada-Devices-and-Printers


Sekarang saatnya untuk melakukan Test print dengan wifi melalui komputer Client. Untuk melakukannya ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Klik kanan pada Printer yang ada di dalam homegroup (dalam contoh ini Canon MP230).
  • Kemudian Klik pada Printer properties.

Membuka-printer-properties pada printers yang di sharing

Selanjutnya akan tampil jendela Properties dari Canon MP230.

Untuk melakukan test print, klik pada tombol Print Test Page.

Melakukan-test-print-dengan-wifi-dari-komputer-client


Jika berhasil, sekarang saatnya tersenyum. Anda telah sukses melakukan print dengan wifi.

4. Mengatasi Masalah saat Sharing Printer

Apabila belum berhasil, cobalah untuk menganalisa beberapa hal di bawah ini. Mungkin salah satunya bisa membantu anda, yaitu :

- Komputer Client Tidak Mendeteksi Adanya Homegroup.
Hal ini bisa saja terjadi karena sistem masih membutuhkan waktu untuk berkomunikasi dengan komputer lainnya di dalam homegroup.

Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh kualitas sinyal wifi atau pengaruh lainnya pada akses point. Jika ini terjadi lakukan langkah langkah berikut :

  • Pastikan komputer server dan komputer client berada dalam koneksi akses point yang sama.
  • Pastikan memilih Home network pada bagian active networks di komputer client.
  • Putuskan sejenak koneksi wifi pada komputer client kemudian sambungkan kembali koneksi wifi.
  • Restart komputer Client atau Server.
  • Pastikan Diagnostic Policy Service dalam status Running. Anda dapat memeriksanya melalui MSCONFIG.

- Printer Tidak Terdeteksi Pada Devices and Printers di Laptop Client
Kondisi ini biasanya berkaitan dengan masalah Driver. Pada proses sharing printer, sistem akan mencari tahu apakah Driver Printer telah terinstall atau belum di komputer client.

Apabila belum maka sistem pada komputer client akan terlebih dahulu melakukan penginstalasian driver, dengan mengambil data driver yang terdapat pada komputer server atau melalui internet. Hal ini tentunya membutuhkan waktu.

Jika printer pada komputer server tak kunjung muncul dalam Devices and Printers, maka lakukan langkah-langkah berikut :

  • Matikan terlebih dahulu printer yang ada pada komputer server, restart server kemudian hidupkan ulang printer.
  • Buka Devices and Printers, kemudian klik Add a printer yang terletak pada toolbar bagian atas.
  • Selanjutnya klik Add a network, wireless or Bluetooth printer.
  • Lihat hasil pencarian dan pilihlah printer yang sesuai dengan printer pada server.
  • Jika anda menggunakan dua versi Windows yang berbeda, misalnya 32 bit dan 64 bit, sebaiknya install driver terlebih dahulu secara manual pada komputer client. Pastikan driver tersebut sesuai dengan versi Windows yang digunakan pada komputer client.

Demikianlah uraian tentang cara print dengan wifi melalui sharing printer. Saya menyertakan banyak gambar dengan harapan dapat membantu memudahkan bagi siapa saja yang ingin mencobanya.

Agar nantinya kita sama-sama dapat melakukan print dengan wifi tanpa harus mendekatkan laptop pada printer.

Jika masih mengalami kendala, anda dapat meninggalkan pesan pada kolom komentar yang terdapat dibagian bawah artikel.


EmoticonEmoticon