Cara Membuat Shortcut di Desktop Windows Dengan Mudah

Cara membuat shortcut di desktop Windows sebenarnya tidaklah sulit. Meski demikian, pembuatan shortcut terkadang membingungkan bagi sebagian pengguna awal.

Shortcut merupakan cara pintas untuk dapat mengakses dan menjalankan program yang telah terinstall di dalam komputer. Shortcut ditampilkan dalam bentuk icon dan biasanya terletak pada area desktop.

Pada umumnya, setiap program yang terinstall akan secara otomatis membuat sebuah shortcut dan meletakkannya pada area desktop. Akan tetapi ada juga beberapa program yang tidak meletakkan shortcutnya pada area desktop.

Program-program yang tidak menyediakan shortcut biasanya merupakan program dengan tujuan tertentu yang secara langsung terintegrasi dengan ekstensi file.

Sebagai contoh Microsoft Office. Pada versi 2013, program ini tidak secara langsung menyediakan shortcutnya pada area desktop.

Mengapa demikian?

Karena ketika proses instalasi selesai, Microsoft Office 2013 akan langsung mengintergrasikan dirinya sebagai program yang secara default menangani file-file berjenis dokumen.

Itulah mengapa Office 2013 tidak menyediakan shortcut di desktop. Ketika ingin menggunakannya, anda dapat langsung membuka programnya melalui file dokumen yang diinginkan.

Microsoft Office 2013 hanya merupakan contoh. Beberapa program lainnya terkadang juga tidak menyediakan shortcut di desktop anda. Lantas bagaimana cara mengaksesnya ?.

Solusinya adalah dengan membuat shortcut di desktop secara manual. Di bawah ini terdapat dua cara membuat shortcut di desktop Windows dengan mudah, yaitu :

1. Melalui Start Menu

Sebenarnya semua program yang telah terinstall akan memiliki shortcut. Namun tidak semua program meletakkan shortcutnya di area desktop.

Lantas dimana shortcut tersebut tersimpan?

Sebagian besar program akan menyimpan shortcutnya di dalam All Programs yang berada pada Start Menu. Untuk melihatnya anda dapat membuka Start Menu.

Artikel Terkait  :  6 Kelebihan Windows 10 Penunjang Efektivitas Anda

Di bagian inilah sebagian besar program meletakkan shortcutnya. Lihatlah satu persatu nama dari program yang anda butuhkan pada daftar yang ada.

Untuk membuat shortcut di desktop melalui Start Menu, lakukan langkah-langkah berikut ini ;

- Buka Start Menu, Klik tombol Star menu (logo Windows) pada bagian paling kiri dari area Taskbar.
- Klik pada tanda segitiga kanan yang bertuliskan All Programs.
- Arahkan mouse pada nama program
- Klik kanan nama program yang diinginkan
- Pilih dan klik Send to pada contex menu
- Kemudian pilih Desktop (create shortcut)

Agar lebih jelas, kita dapat melihat tahapan pembuatan shortcut pada gambar di bawah ini :

Membuat shortcut lewat start menu

2. Membuat Shortcut Melalui Windows Explorer

Membuat shortcut melalui Windows Explorer terbilang gampang-gampang susah. Kita setidaknya harus mengenal terlebih dahulu icon dan ekstensi dari program tersebut.

Artikel Terkait : Pengertian Ekstensi File dan Cara Mudah Memahaminya

Secara default, semua data dari program yang terinstall, akan diletakkan pada folder Program Files. Folder ini biasanya terletak pada Drive dimana system Windows berada. Dan sebagian besar instalasi program berada pada Drive C:\
Perlu diperhatikan bahwa ketika anda berada dalam folder Program Files, jangan melakukan perubahan apapun jika anda tidak yakin dengan apa yang sedang dilakukan. Perubahan atau penghapusan akan mempengaruhi program-program yang terinstall pada system Windows yang anda miliki.
Cara ini juga dapat digunakan untuk membuat shortcut pada program-program portabel, yaitu program yang dapat dijalankan tanpa melalui proses instalasi.

Untuk membuat shortcut di desktop melalui Windows Explorer, ikuti langkah-langkah berikut ini :

- Buka Windows Explorer, tekan tombol keyboard berlogo Windows dan huruf E secara bersamaan (tombol Windows + E).
- Berikutnya pilih dan klik Local Disk (C:)
- Kemudian pilih dan klik Program Files
- Setelah berada dalam folder Program Files, cari dan pilih nama folder yang sesuai dengan nama program yang anda inginkan.
Beberapa program terkadang menggunakan nama dari Pengembang atau Pembuat Software. Jika anda tidak menemukan nama folder yang sesuai, maka anda perlu mengetahui nama dari Pembuat Software tersebut.
- Ketika sudah berada di dalamnya, Cari dan pilihlah salah satu file yang berfungsi untuk menjalankan program tersebut.

File tersebut biasanya memiliki nama yang sama dengan nama program serta memiliki ekstensi file .EXE. Selain itu anda juga dapat mengenalinya melalui gambar dari icon program tersebut.

- Setelah menemukannya, lakukan lagi langkah-langkah berikut ini:
  • Pilih dan klik kanan pada file yang diinginkan
  • Pilih Send to
  • Kemudian pilih dan klik pada Desktop (create shortcut)

Artikel Terkait  :  Manajemen File dan Folder serta Pengertian Windows Explorer

Alur proses pembuatan shortcut di desktop Windows melalui Windows Explorer dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Membuat shortcut lewat Windows Explorer

Bukalah kembali desktop anda. Disana akan terlihat sebuah shortcut baru, sebagai hasil dari pembuatan shortcut yang telah dilakukan sebelumnya.

Demikianlah cara membuat shortcut di desktop Windows. Kita dapat dengan cepat mengakses program-program yang sering digunakan, melalui shortcut yang terletak pada desktop.


EmoticonEmoticon