Lupa Sandi Gmail dan Cara Memulihkannya

Lupa Sandi Gmail bisa menjadi pertanda bahwa sang pemilik akun tidak pernah pulang ke rumahnya. Jika anda melupakan sandi Gmail maka dapat dipastikan kalau anda sangat jarang mengunjungi Gmail.

Melupakan kata sandi Gmail banyak dialami oleh pengguna yang melakukan pendaftaran dengan tujuan tertentu selain email seperti, ingin segera mengakses Google Playstore di sistem Android atau karena ingin segera memiliki akun di situs sosial media.

Jadi wajar jika sebagian pengguna tersebut tidak ingat dengan kata sandi atau password dari akun Gmail yang dimiliki. Sebab setelah mendaftar mereka tidak pernah benar-benar berkunjung ke Gmail untuk menggunakan layanan email yang telah disediakan.

Meskipun demikian, Gmail tetap memperhatikan kebutuhan penggunanya. Jika anda memang telah melupakan kata sandi sehingga tidak dapat masuk ke dalam akun Gmail, maka anda tidak perlu khawatir. Gmail menyediakan fasilitas untuk memulihkan kata sandi yang telah terlupakan.

Sebelum kita memulai proses pemulihan kata sandi, setidaknya ada dua syarat yang harus dipenuhi, yaitu :

1. Nomor ponsel yang anda gunakan telah terdaftar pada layanan Gmail.
2. Anda telah mendaftarkan alamat email anda yang lainnya sebagai email pemulihan.

Pada saat saya mendaftarkan sebuah akun Gmail di tahun 2016, kolom isian untuk nomor ponsel dan alamat email lainnya langsung disertakan pada form pendaftaran Gmail. Namun untuk pertanyaan keamanan sudah tidak lagi disertakan.

Jika anda pemilik akun Gmail lama, maka anda mungkin pernah membuat pertanyaan keamanan saat pendaftaran email di Gmail. Saya membuat akun Gmail di tahun 2008 dan memiliki pertanyaan keamanan untuk memulihkan kata sandi.

Jika anda membuat akun Gmail pada kurun waktu tersebut (2016), anda pastinya telah mencantumkan nomor ponsel beserta alamat email pemulihan pada form pendaftaran.

Artikel terkait : Cara Membuat Email Gmail Yang Benar dan Mudah

Bagaimana Memulihkan Lupa Sandi Gmail

Apabila anda benar-benar lupa sandi Gmail dan ingin segera memulihkannya, anda dapat mengikuti beberapa langkah yang ada di bawah ini :

Langkah Pertama : Kunjungi Gmail

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengunjungi halaman resmi Gmail. Setelah halaman terbuka, klik pada tombol Masuk yang terletak di bagian kanan atas halaman.

Langkah Kedua : Masukkan Nama Pengguna atau Alamat Email

Berikutnya akan muncul form login untuk masuk ke dalam Gmail. Ketik dengan lengkap nama pengguna atau alamat email yang anda miliki ke dalam form isian Masukan email. Kemudian klik pada tombol Berikutnya.

Langkah Ketiga : Klik Tautan Lupa Sandi?

Selanjutnya akan tampil form isian untuk memasukkan kata sandi. Mengingat anda lupa dengan kata sandi dan ingin memulihkannya, maka biarkan kolom sandi tetap kosong.

Berikutnya, klik pada tautan Lupa sandi? yang terletak di bagian bawah sebelah kiri, seperti terlihat pada gambar.

Klik-pada-tautan-lupa-sandi

Selanjutnya akan muncul halaman Bantuan Akun yang akan mengajukan beberapa pertanyaan. Anda sebagai pemilik akun berkewajiban untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan.

Hal tersebut dilakukan agar Google dapat melakukan verifikasi antara jawaban yang anda berikan dengan data pengguna yang terdapat di dalam sistem. Dengan kata lain sistem Gmail akan benar-benar memastikan bahwa akun tersebut adalah benar milik anda.

Bagaimana jika saya tidak tahu dan tidak bisa menjawabnya?

Tidak perlu khawatir. Untuk mengatasi masalah lupa sandi Gmail, Google telah menyediakan setidaknya 4 (empat) buah pertanyaan yang dapat anda pilih dan coba.
Ketahuilah bahwa semua pertanyaan yang diajukan oleh Google akan berkaitan dengan data-data yang sebelumnya pernah anda tulis dan masukkan ke dalam data akun. Baik itu melalui form pendaftaran atau melalui pengaturan Akun Saya.
Apabila anda tidak mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut maka bagaimana mungkin Google meyakini bahwa akun tersebut merupakan milik anda. Siapapun bisa mengakui bahwa akun tersebut adalah miliknya. Jadi yakinkan Google bahwa akun tersebut adalah benar milik anda.

Di bawah ini terdapat panduan untuk menjawab beberapa pertanyaan dalam proses pemulihan kata sandi.

1. Pertanyaan Pertama : Apakah Anda ingat kata sandi yang pernah Anda pakai sebelumnya?

Itu adalah pertanyaan awal yang diajukan Google ke pada anda. Sepertinya sistem ingin memastikan bahwa anda benar-benar telah melupakan kata sandi.

Anda dapat memasukkan kata sandi terakhir yang paling mungkin diingat. Namun dari pengalaman saya, sangat sulit untuk menerka-nerka kemungkinan kata sandi yang terlupakan.

Apabila kata sandi yang anda masukkan tidak sesuai, maka Google akan melanjut kepada pertanyaan yang kedua yaitu nomor ponsel untuk mengirimkan kode verifikasi melalui SMS.
Agar proses pemulihan kata sandi menjadi lebih mudah, anda dapat memilih pertanyaan yang paling mungkin anda ketahui. Untuk mencoba pertanyaan lain klik pada tautan Coba pertanyaan yang lain, yang terletak di bagian paling bawah dari form isian sandi.

Coba pertanyaan yang lain lupa sandi


2. Pertanyaan Kedua : Dapatkan kode verifikasi melalui SMS ke: •••-•••-xx

Cara mengatasi lupa sandi Gmail yang kedua adalah melalui nomor ponsel. Apabila anda memilih untuk mencoba pertanyaan yang lainnya, maka Google akan menanyakan kepada anda mengenai nomor ponsel lengkap yang sebelumnya pernah anda masukkan pada saat pembuatan akun.

Hal ini dilakukan agar Google dapat mengirimkan kode verifikasi melalui SMS ke nomor ponsel tersebut. Ini merupakan cara yang efektif, mengingat nomor ponsel tersebut akan langsung terhubung dengan pemilik akun.

Untuk menerima kode verifikasi melalui SMS, masukkan nomor ponsel lengkap pada form isian yang telah disediakan, kemudian klik pada tombol Kirim SMS.

Selanjutnya akan tampil halaman Masukkan kode verifikasi. Jangan tutup dulu halaman tersebut karena kita masih akan menggunakannya.
.
Setelah menerima kode verifikasi melalui SMS di ponsel anda, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan kode yang telah anda terima ke dalam form isian yang tersedia.

Pemulihan sandi gmail melalui sms ponsel

Berikutnya, anda akan diminta untuk mengubah kata sandi lama anda. Masukkan kata sandi yang baru dan klik pada tombol Ubah sandi.
Ubah Sandi Gmail

Pada halaman selanjutnya anda akan diminta untuk memeriksa informasi pemulihan. Periksalah dengan baik.

Jika anda ingin mengubah nomor telepon atau alamat email pemulihan, klik pada tautan Edit berwarna biru yang terletak disamping kanan nomor telepon dan alamat email pemulihan.

Bila telah yakin, klik pada tombol selesai dan anda telah berhasil memulihkan kata sandi.

3. Pertanyaan Ketiga : Email Pemulihan

Jika anda mengalami kendala saat menggunakan dua metode verifikasi sebelumnya, anda masih dapat mencoba metode verifikasi yang berikutnya. Cara selanjutnya untuk mengatasi lupa sandi Gmail adalah dengan menggunakan alamat email pemulihan

Pada pertanyaan yang ketiga, Google akan mengajukan pertanyaan tentang alamat email pemulihan. Kolom isian untuk Email pemulihan biasanya disertakan di dalam form pendaftaran Email baru.

Apabila anda pernah memasukkan salah satu alamat email anda yang lainnya sebagai email pemulihan, maka Google akan mengirimkan sebuah kode verifikasi pada email pemulihan tersebut.

Jika anda melakukan klik pada tombol Kirim maka selanjutnya akan muncul form isian untuk memasukkan kode verifikasi. Untuk sementara biarkan halaman tetap terbuka.

Kunjungi dan login pada alamat email pemulihan anda. Kemudian periksa email masuk yang berasal dari Google. Di dalamnya terdapat kode verifikasi sebanyak enam angka.

Kembali ke halaman yang sebelumnya tetap terbuka dan masukkan kode verifikasi ke dalam form isian yang telah tersedia, kemudian klik pada tombol Berikutnya.

Pemulihan sandi gmail dengan email pemulihan

Selanjutnya, anda akan diminta untuk mengubah kata sandi yang lama. Masukkan kata sandi yang baru dan klik pada tombol Ubah sandi.

Langkah berikutnya tinggal mengikuti semua instruksi yang tampil pada halaman, sama seperti yang diuraikan pada point 2 di atas.

4. Pertanyaan Keempat : Kapan Anda membuat Akun Google ini?

Jika anda masih juga mengalami kesulitan dengan beberapa pertanyaan sebelumnya, maka cobalah pertanyaan selanjutnya. Mungkin saja kali ini anda dapat mengatasi masalah lupa sandi gmail yang tengah dialami.

Pada pertanyaan keempat Google akan menanyakan mengenai Kapan Anda membuat Akun Google ini? Apabila anda masih mengingatnya maka pilihlah Bulan dan Tahun pembuatan Akun Google tersebut, melalui menu Dropdown yang tersedia.

Setelah anda melakukan klik pada tombol Berikutnya maka selanjutnya akan tampil halaman dengan form isian untuk memasukkan alamat email.

Masukkan alamat email anda yang lainnya. Sebaiknya gunakan alamat email yang paling berkaitan dengan Akun Google yang akan dipulihkan. Misalnya alamat email yang pernah anda tambahkan ke akun tersebut atau alamat email dengan Nama pemilik yang sama, yang pernah anda masukkan pada form pendaftaran.

Sebagai Contoh :

1. Alamat Email yang ingin dipulihkan :
ferry.iman.cakep@gmail.com : Nama pada form pendaftaran : Ferry Iman

2. Alamat Email untuk verifikasi :
ferry789tampan@gmail.com : Nama pada form pendaftaran : Ferry Iman


Meskipun tidak menjamin keberhasilannya, namun cara tersebut mungkin dapat membantu meyakinkan Google bahwa anda adalah pemilik dari akun tersebut.


Pemulihan sandi gmail dengan tanggal pembuatan akun


Setelah anda menekan tombol Berikutnya, maka langkah selanjutnya sama seperti proses pemulihan kata sandi melalui Email pemulihan pada point 3 di atas.

Login pada alamat email yang telah anda masukkan, lalu ambil kode verifikasi, kemudian masukkan kode verifikasi tersebut ke dalam form isian yang tersedia.


Itulah empat pertanyaan yang dapat membantu memulihkan sandi Gmail yang terlupakan. Anda dapat memilih pertanyaan mana yang paling mungkin anda ingat.

Meskipun masih ada pertanyaan kelima, namun anda tetap harus memasukkan sebuah alamat email yang akan digunakan Google untuk mengirimkan kode verifikasi. Akan sangat membantu jika anda menggunakan email yang sudah ditambahkan ke akun tersebut.

Demikianlah cara mengatasi lupa sandi Gmail dan bagaimana memulihkannya. Untuk selanjutnya ingatlah dengan baik kata sandi anda, perbaharui informasi pemulihan serta kunjungi Gmail secara berkala agar anda tidak lagi mengalami hal yang serupa.

4 komentar

Anonymous delete 7/20/2017

Hello! This is my first visit to your blog! We are a group of
volunteers and starting a new initiative in a community in the same niche.
Your blog provided us valuable information to work on. You have done a marvellous job!

Anonymous delete 7/23/2017

I couldn't refrain from commenting. Well written!

Sorry I just found out if I missed your comment. I work in rural areas with limited internet connections, so just today I can open your comments. thank you for your visit and comments.

Thank you for visiting and commenting


EmoticonEmoticon