6 Kelebihan Windows 10 Penunjang Efektivitas Anda

Setelah beberapa waktu menggunakannya, terdapat beberapa kelebihan Windows 10 yang patut mendapatkan apresiasi. Berbagai kelebihan tersebut merupakan penyempurnaan terhadap fitur-fitur yang terdapat pada Windows versi sebelumnya.

Meskipun demikian, banyak dari pengguna Windows versi sebelumnya, khususnya Windows 7, yang masih ragu untuk melakukan upgrade atau migrasi ke Windows 10. Dan hal ini juga terjadi pada beberapa orang teman di kantor saya.

Keraguan tersebut sebenarnya bukan tanpa alasan. Kompatibilitas software dan dukungan hardware merupakan hal yang paling dipertimbangkan, saat melakukan upgrade atau migrasi ke sistem operasi yang lainnya.

Untuk memberikan gambaran, saya mencoba berbagi pengalaman yang mungkin dapat menepis keraguan tersebut. Mengingat beberapa waktu yang lalu, saya telah melakukan migrasi dari Windows 7 ke Windows 10.

Setidaknya terdapat 6 kelebihan Windows 10 yang mampu menunjang efektifitas komputasi penggunanya. Beberapa kelebihan tersebut dapat anda temukan di bawah ini :

1. Dukungan file lebih banyak

Windows 10 memberikan tambahan terhadap dukungan file. Ini berarti bahwa file-file dengan tipe tertentu yang tidak dapat dijalankan pada Windows versi sebelumnya, kini mendapat dukungan dan dapat dijalankan pada sistem Windows 10.

Maksudnya bagaimana?

Pada Windows versi sebelumnya, beberapa tipe file tertentu tidak dapat diakses secara langsung. Sehingga penggunanya harus terlebih dahulu menginstall program tambahan agar dapat mengakses atau menjalankan file-file tersebut.

Sebagai contoh file-file multimedia dengan ekstensi seperti .MP4, .3GPP, .FLV dan MKV. Untuk dapat menjalankannya, pengguna harus menginstall terlebih dahulu player tertentu beserta codec khusus yang mendukung format file tersebut. Contoh lainnya adalah file-file archive dengan ekstensi .ISO, .7-Zip dan .RAR atau file dokumen berjenis .PDF.

Artikel terkait  :  Cara Membuka File Zip dan Cara Membuatnya

Di Windows 10, beberapa tipe-tipe file tersebut sudah dapat anda jalankan secara langsung tanpa perlu menginstall tambahan program apapun.

Meskipun tidak semua file mendapat dukungan, namun Windows 10 sudah mampu menjalankan beberapa file umum yang banyak dimiliki oleh pengguna komputer.

Saya mencoba menjalankan file-file multimedia tanpa menginstall codec terlebih dahulu. Ternyata hasilnya cukup mengejutkan. File .3GPP, .MP4 dan .MKV dapat berjalan dengan baik. Sedangkan file .FLV masih membutuhkan codec khusus agar dapat dijalankan.

Yang patut mendapat pujian adalah dukungan terhadap file .ISO. Pada Windows versi sebelumnya, anda membutuhkan program khusus untuk menangani file-file dengan ekstensi .ISO. Namun di Windows 10 anda dapat membuka dan mengekstrak file-file .ISO dengan sangat mudah.

Windows 10 bahkan menyediakan fitur Virtual Drive. Dengan fitur ini, anda seolah-olah memiliki sebuah DVD Drive. Fitur ini memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk melakukan Mount atau pengaitan terhadap file dengan ekstensi .ISO.

Kelebihan-fitur-Mount-File-Iso-di-Windows-10

Dengan fasilitas Mount, file .ISO akan dimuat ke dalam Virtual DVD. Pengguna selanjutnya dapat mengeksplorasi isi dari file .ISO tersebut melalui Virtual Drive yang tersedia. Kondisi ini sama halnya sebagaimana anda memasukkan piringan DVD pada DVD Drive atau DVD Player.

Artikel terkait : Pengertian Ekstensi File dan Cara Mudah Memahaminya

Untuk menangani file-file dengan ekstensi .PDF, Windows 10 menyediakan Microsoft Edge sebagai pembaca file PDF. Sedangkan untuk membuatnya, anda masih memerlukan aplikasi tambahan lannya.

2. Windows Explorer Yang Lebih Efektif

Windows Explorer pada Windows 10 dirancang untuk dapat digunakan dengan lebih efektif saat mengelola file dan folder. Hal itu terlihat dari susunan Menu Bar serta deretan Toolbar yang terletak di dalamnya.

Untuk mempermudah akses, Icon Windows Explorer disematkan pada area taskbar. Meskipun terlihat biasa namun penempatan pada taskbar jelas lebih efektif dibandingkan jika diletakkan sebagai icon Desktop. Sebab pengguna dapat dengan cepat mengakses Windows Explorer tanpa perlu kembali ke Desktop.

Pada jendela utama terdapat fitur Quick access yang akan menampilkan daftar file yang paling akhir diakses oleh pengguna. Ini semacam riwayat pada browser internet, sehingga pengguna dapat dengan cepat mengakses file yang terakhir kali digunakan.

Salah satu kelebihan Windows 10 yang layak untuk dipuji adalah ditambahkannya tombol OneDrive ke dalam Windows Explorer.

Tombol OneDrive akan menghubungkan Windows Explorer dengan media penyimpanan online milik Microsoft. Anda hanya memerlukan koneksi internet dan akun Microsoft untuk mulai menggunakan OneDrive.

Yang terasa lebih efektif adalah adanya deretan Toolbar yang terletak pada Menu Bar. Sebagai contoh terlihat pada Menu View. Terdapat checkbox yang berguna untuk menampilkan ekstensi file dan file-file tersembunyi.

Kelebihan-Windows-Explorer-pada-Windows-10

Pada Windows versi sebelumnya khususnya Windows 7, pengguna harus terlebih dahulu melakukan pengaturan pada bagian Files dan Folder Options, ketika ingin menampilkan ekstensi atau file tersembunyi.

Artikel terkait : Manajemen File dan Folder Menggunakan Windows Explorer

Demikian juga di dalam Menu Manage. Tersedia deretan toolbar sebagai cara cepat untuk melakukan format, enkripsi, defrag maupun cleanup pada media penyimpanan yang anda gunakan.

3. Start Menu yang lebih baik

Inilah salah satu kelebihan Windows 10 yang paling dinantikan oleh banyak pengguna Windows. Setelah ditiadakan pada dua versi sebelumnya, Microsoft kembali menghadirkan Start Menu pada Windows 10.

Terdapat perbaikan dari sisi susunan dengan beberapa penambahan. Hal ini membuat Start Menu pada Windows 10 tampil dengan lebih baik.

Tidak terdapat lagi Control Panel dan kolom Run. Sebagai gantinya, disematkan tombol Setting yang diletakkan tepat diantara tombol on/off dan informasi akun. Kolom Run dipindahkan pada lokasi Taskbar, menyatu bersama dengan fitur pencarian.

Daftar program dibagi ke dalam tiga kategori dan disusun berdasarkan urutan abjad. Ketiga kategori tersebut terdiri dari Recently added (program yang baru ditambahkan), Most used (Program yang sering digunakan) serta semua daftar program. Hal ini tentunya akan memudahkan pengguna, untuk menemukan program-program yang sedang dibutuhkan.

Kelebihan-Start-Menu-pada-Windows-10

Untuk lebih memudahkan pengguna, Start Menu Windows 10 dilengkapi dengan tambahan Life at a glance dan Play and explore. Keduanya merupakan area yang dapat digunakan oleh pengguna untuk meletakkan shortcut dari program-program yang diinginkan.

Pada Windows 7, Saya sering meletakkan program-program yang dibutuhkan namun jarang digunakan melalui fitur Pin to Start. Ini dilakukan agar shortcut dari program tersebut tidak memenuhi Desktop.

Apabila anda memanfaatkan fitur Pin to Start maka shortcut dari program tersebut akan diletakkan pada area ini. Pin to Start merupakan fitur yang baik jadi manfaatkanlah.

4. Windows Setting yang lebih lengkap

Kelebihan Windows 10 berikutnya adalah user interface yang terdapat pada Windows Setting. Windows 10 menyediakan Windows Setting sebagai pengganti Control Panel, seperti yang terdapat pada Windows 7.

Untuk beberapa saat mungkin akan membingungkan ketika pertama kali anda menjalankannya. Khususnya jika anda tidak pernah menggunakan Windows 8 dan langsung melakukan migrasi dari Windows 7, seperti saya.

Artikel terkait : 8 Cara Mempercepat Windows 7 Dengan Benar dan Efektif

Kelebihan dari Windows Setting pada Windows 10 adalah adanya pengelompokkan pengaturan berdasarkan kategori. Pengelompokkan ini akan membantu dan mempercepat pengguna dalam menemukan pengaturan yang ingin diubah.

Kelebihan-Windows-Setting-di-Windows-10

Terdapat juga penambahan pada item-item pengaturan. Sebagai contoh pada kategori Network & Internet. Opsi pengaturan menjadi lebih lengkap dengan adanya tambahan VPN, Airplane mode, Mobile hostspot, Data usage dan Proxy.

5. Taskbar yang lebih efektif

Beberapa fitur baru ditambahkan pada Taskbar sehingga memiliki fungsi yang lebih efektif. terdapat Kolom Search yang juga berfungsi sebagai kolom Run dan diletakkan disamping icon Start Menu. Pada versi sebelumnya kolom Run berada di dalam Start Menu.

Disampingnya tersedia deretan icon dari program yang mungkin akan sering anda gunakan. Secara default Taskbar akan memuat Task View, Internet Explorer dan Windows Explorer. Fitur baru yang juga ditambahkan adalah Action Center, terletak pada bagian paling ujung sebelah kanan Taskbar.

Action Center bertugas untuk menampilkan notifikasi atau pemberitahuan mengenai kondisi serta apa yang sedang dialami oleh sistem Windows 10. Selain dari itu, Action Center juga memuat beberapa shortcut (pintasan) dari beberapa pengaturan standar yang sering diubah oleh pengguna Windows.

Yang patut mendapat apresiasi adalah kehadiran Task View pada Taskbar. Dengan Task View pengguna Windows 10 dapat dengan mudah berpindah antar jendela atau antara program aktif yang satu dengan lainnya. Hal ini tentunya akan sangat menghemat waktu.

Kelebihan-pada-Taskbar-dan-TaskView-di-Windows-10

Dengan Task View, anda bahkan dapat menggunakan lebih dari 1 (satu) Desktop. Dengan menggunakan lebih dari satu Desktop, kegiatan multitasking akan lebih mudah dan efektif. Tidak percaya? Cobalah sendiri.

6. Windows Recovery yang lebih baik

Fitur recovery pada Windows 10 menyajikan pilihan yang lebih baik. Pengguna dapat menentukan sendiri bagaimana nantinya proses recovery menangani data-data yang dimiliki.

Pengguna dapat memilih untuk menghapus aplikasi beserta pengaturannya saja atau menghapus secara keseluruhan beserta data-data di dalamnya.

Anda bahkan akan disuguhkan dengan pilihan untuk menghapus file-filenya saja atau menghapus sekaligus membersihkan drive.
Kelebihan-Windows-Recovery-di-Windows-10

Waktu yang dibutuhkan akan bergantung dari pilihan anda dan banyaknya data yang anda miliki. Saya telah mencoba fitur recovery ini dengan hasil yang sangat baik.

Jadi sebelum anda melakukan install ulang Windows 10, pertimbangkan untuk melakukan recovery terlebih dahulu.


Itulah 6 kelebihan Windows 10 yang perlu anda ketahui. Kelebihan ini hanya berdasarkan pengalaman selama saya menggunakannya. Mungkin saja masih terdapat kelebihan-kelebihan lainnya yang belum saya ketahui.


EmoticonEmoticon