Apa Itu Google Drive dan Alasan Menggunakannya

Apa itu Google Drive? Itulah yang terlintas dalam benak saya ketika pertama kali mendengar istilah Google Drive. Pertanyaan yang sama mungkin juga pernah ada di dalam benak anda.

Untuk menghapus ketidaktahuan yang mungkin dapat menepis keraguan, ada baiknya bila kita sama-sama mencari tahu, apa sebenarnya Google Drive itu?

1. Apa itu Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan file secara online yang diluncurkan oleh google sejak 24 April 2012 lalu. Melalui layanan ini, google menyediakan media penyimpanan online yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai file sesuai dengan kebutuhan.

Kita tentunya sudah terbiasa dengan media penyimpanan konvensional seperti hardisk atau flashdisk. Namun bagaimana halnya dengan media penyimpanan online?.

Untuk dapat mengakses file pada media penyimpanan konvensional, anda setidaknya harus membawa hardisk maupun flashdisk kemanapun pergi.

Berbeda jika anda menggunakan layanan penyimpanan Google Drive. Cukup sekali anda menyimpan file pada Google Drive, maka file tersebut nantinya dapat anda akses dari mana saja, selagi masih berada dalam jangkauan jaringan internet.

Anda dapat mengakses file yang tersimpan pada Google Drive melalui komputer, tablet, maupun ponsel cerdas yang anda miliki.

Artikel terkait  :  Cara Menggunakan Google Drive Mudah dan lengkap

2. Alasan Menggunakan Google Drive

Setelah mengetahui tentang  apa itu Google Drive, maka selanjutnya akan muncul beberapa pertanyaan lainnya.

Dari sekian banyak pertanyaan, setidaknya ada dua pertanyaan penting yang dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum menggunakan Google Drive, diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Mengapa memilih Google Drive

Ini merupakan pertanyaan dasar dari seorang calon pengguna, seperti saya. Adanya berbagai kelebihan serta banyaknya fitur yang ditawarkan oleh Google Drive menjadi jawaban atas pertanyaan tersebut.

Google Drive menyediakan layanan penyimpanan dengan versi gratis maupun berbayar. Jika anda adalah pengguna Google+ Foto dan Gmail, anda dapat langsung menggunakan layanan Google Drive secara gratis dengan kapasitas sebesar 15 GB.

Pengguna Chromebook akan memperoleh kapasitas sebesar 100 GB yang dapat digunakan secara gratis selama 2 tahun.

Artikel terkait  :  2 Chromebook Terbaik Yang Layak Anda Beli

Apabila dirasa tidak mencukupi, anda dapat menambah kapasitas penyimpanan dengan menggunakan versi berbayar dari Google Drive. Terdapat beberapa paket yang dapat dipilih jika anda membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Daftar paket dan tarifnya dapat anda lihat pada tabel di bawah ini :
KAPASITASHARGAJANGKA WAKTU
15 GBGratis-
100 GB$1.991 Bulan
1 TB$9.991 Bulan
10 TB$99.991 Bulan
20 TB$199.991 Bulan
30 TB$299.991 Bulan
Dengan versi gratis sebesar 15 GB, anda dapat mulai mecoba menyimpan file-file yang diinginkan. Google drive mendukung penyimpanan untuk beragam jenis file, mulai dari foto, presentasi, PDF, video hingga Microsoft office. Semuanya akan tersimpan aman di Google Drive.

Fitur-Dukungan-File

Tidak hanya menyediakan ruang penyimpanan secara online, Google Drive juga telah dilengkapi dengan beragam aplikasi yang dapat anda gunakan untuk berbagai kebutuhan.

Anda dapat mengedit Dokumen dan Spreadsheet, membuat pesentasi menggunakan Slide, membuat formulir hingga mengelola gambar. Setidaknya ada lebih dari 100 aplikasi Drive yang akan membantu melakukan banyak hal dengan file anda.

b. Pentingnya Layanan Google Drive

Ada berbagai alasan mengapa kita perlu mengetahui apa itu Google Drive dan mengapa harus menggunakannya. Namun dari sekian banyak, setidaknya terdapat 2 alasan utama mengapa kita memerlukan layanan Google Drive, yaitu :

- Kemudahan Akses File

Kemudahan akses file merupakan fitur utama dari layanan Google Drive. Dimanapun berada, anda tetap dapat mengakses, membuka, mengedit dan menyimpan kembali file-file yang sebelumnya telah anda letakkan pada layanan penyimpanan Google Drive.

Saya teringat pengalaman yang terjadi di sekitar tahun 2005 - 2006. Layanan penyimpanan online belum begitu populer seperti sekarang ini. Saat itu Pimpinan sedang berada diluar kota untuk menghadiri rapat, dengan bahan-bahan presentasi yang telah dipersiapkan dan disimpan di dalam flashdisk.

Dan masalah pun terjadi. Ketika rapat akan dimulai, sang Pimpinan baru menyadari bahwa flashdisk yang sebelum telah dipersiapkan tenyata tertinggal di kantor. Untuk mengantarkan flashdisk dibutuhkan waktu 8 jam.

Mengirimkan file melalui lampiran email tidak dimungkinkan mengingat lokasi kantor berada di daerah pedalaman dengan koneksi internet yang tidak stabil. Dan kebetulan saat itu koneksi sedang mengalami gangguan.

Lantas, apa yang akan anda lakukan? Bagaimana jika anda mengalami hal serupa?

Jika sebelumnya anda sudah mengenal apa itu Google Drive, mungkin anda tidak akan mengalami hal serupa.


Cukup dengan menyimpan file yang diinginkan pada Drive, maka selanjutnya anda dapat dengan mudah mengaksesnya dari belahan dunia manapun, tanpa terbatas ruang dan waktu. Tentunya selama anda memiliki jaringan internet.

-. Kemudahan Berbagi File

Fitur ini menjadi salah satu alasan mengapa anda perlu dan harus menggunakan layanan Google Drive. Dengan menyimpan file pada Google Drive, anda dapat dengan mudah membaginya kepada orang-orang yang anda inginkan.

Fitur-berbagi-file

Google Drive memungkinkan anda mengundang orang lain untuk melihat, memberi komentar atau bahkan mengedit file atau folder yang telah anda tentukan.

3. Keamanan File pada Google Drive 

Ini adalah hal utama dan paling diperhatikan oleh layanan Google Drive. Faktor keamanan merupakan bagian terpenting dari layanan penyimpanan online.

Google Drive menjamin bahwa file tetap aman meskipun terjadi sesuatu pada komputer, tablet maupun ponsel cerdas yang anda miliki.

Tidak perlu khawatir dengan sistem keamanan. Google Drive dienkripsi dengan SSL, yaitu Protokol keamanan yang juga digunakan pada Gmail dan layanan Google lainnya.

Untuk lebih memahami sisi keamanan Google Drive, anda dapat langsung mempelajarinya pada Drive Help milik Google Drive.

Itulah beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang apa itu Google Drive dan alasan menggunakannya? Mulailah untuk mencoba Google Drive sekarang juga dan mudahkan aktifitas anda dengan layanan penyimpanan online dari Google.


EmoticonEmoticon