Cara Membuat Email Gmail Yang Benar dan Mudah

Cara membuat email Gmail sering ditanyakan oleh teman-teman yang ingin menggunakan produk dan layanan dari Google. Sebab sebelum menggunakan produk dan layanan milik Google, kita sebagai pengguna layanan harus memiliki sebuah akun di Google,

Dari layanan Google manapun anda berada dan ketika akan membuat sebuah akun baru, anda akan dirahkan menuju ke halaman pendaftaran Email Gmail. Itulah mengapa perlu mengetahui bagaimana cara pembuatan email di Gmail.

Sebelum lebih jauh, ada baiknya bila kita sedikit mengetahui tentang apa itu Gmail? dan mengapa membuat perlu email baru di Gmail?

Sekilas Tentang Gmail

Gmail sebenarnya adalah layanan email milik Google yang dapat digunakan secara gratis. Dan itu artinya anda tidak akan dikenakan biaya apapun.

Anda dapat mengirim surat elektronik serta melampirkan data digital dalam bentuk attachment, seperti foto-foto, dokumen, file multimedia atau data digital lainnya, di dalam surat tersebut.

Disamping itu, anda tentunya juga dapat menerima email. Baik itu email yang dikirim oleh sesama pengguna gmail, atau email yang dikirim melalui penyedia email lainnya.

Cara membuat email Gmail ternyata mudah dan tidak sesulit yang dibayangkan. Proses pendaftarannya tidak membutuhkan waktu lama dan dapat dilakukan melalui berbagai perangkat seperti Smartphone, Tablet maupun PC desktop yang dimiliki.

Dengan memiliki satu akun di Gmail, maka anda sudah dapat menggunakan seluruh layanan populer milik Google, seperti; Youtube, Hangout, Google+, Google Play Store, Google Drive dan masih banyak yang lainnya.

Artikel tekait : Apa Itu Google Drive dan Mengapa Harus Menggunakannya

Selain menyediakan layanan email gratis, Gmail juga memiliki beberapa keunggulan, diantara adalah :
  • Menyediakan ruang penyimpanan hingga 15 GB.
  • Memiliki fitur Gmail Offline, yaitu aplikasi google chrome yang memungkinkan anda untuk membaca dan menulis pesan pada saat sedang tidak terhubung ke internet. Anda dapat mengunjungi halaman Bantuan Gmail, untuk memperoleh informasi lebih lanjut..
  • Pesan yang masuk akan dipisahkan berdasarkan masing-masing katagori yang berbeda. Terdapat lima katagori pada kotak masuk Gmail yaitu; Utama, Promosi, Sosial, pembaruan dan forum.
  • Terintegrasi langsung dengan Google Hangout, sehingga dapat digunakan untuk Pesan teks (SMS), Panggilan telepon dan Video call.

Cara Membuat Email Gmail

Apabila telah siap, anda dapat mulai mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini. Namun agar mudah untuk diingat, cara membuat email di Gmail kali ini akan dibagi menjadi dua bagian.

Bagian yang pertama adalah mengisi form pendaftaran dan bagian yang kedua adalah melakukan verifikasi akun melalui ponsel, seperti di bawah ini.

1. Mengisi Form Pendaftaran

Sebagai langkah awal, kunjungi halaman pendaftaran Gmail.

Form Pendaftaran Gmail


Anda akan menjumpai halaman pembuatan email Gmail seperti terlihat pada gambar di atas. Terdapat sebuah form isian yang terletak di bagian sebelah kanan.

Isilah form yang tersedia tersebut dengan data diri yang anda miliki, dimulai dengan mengisi Nama lengkap hingga Verifikasi Gambar, sebagai berikut:

Nama
Terdapat dua kolom isian dan Anda diwajibkan untuk memasukkan nama lengkap, terdiri dari nama depan dan nama belakang.

Kolom pertama : Isilah sesuai dengan nama depan anda
Kolom kedua : Isi dengan nama belakang anda

TIPS :
Apabila nama anda terdiri dari 3 (tiga) suku kata maka masukkan nama tengah dan nama belakang anda pada kolom kedua.

Misalnya nama anda adalah Darmanto Ari Parwanto, maka isilah sebagai berikut :
Kolom pertama : Darmanto
Kolom kedua : Ari Parwanto

Pilih nama pengguna Anda
Untuk membuat email Gmail, anda diwajibkan memilih nama pengguna untuk email baru anda. Nama pengguna ini yang nantinya akan menjadi alamat email anda.

Nama pengguna email umumnya terdiri dari dua bagian yaitu Nama Pengguna dan Nama Penyedia.Email. Di Gmail,setiap penggunanya akan mendapatkan tambahan @gmail diakhir Nama Pengguna.

Contoh sebuah email dengan alamat diri.ku@gmail.com. Ini berarti bahwa seseorang memakai Nama Pengguna diri.ku dan menggunakan layanan email dari Gmail.

Selanjutnya, masukkan nama pengguna (alamat email) yang anda inginkan. Dalam contoh ini saya memilih nama pengguna sesuai dengan nama asli yang telah dimasukkan pada kolom nama sebelumnya.
Perlu untuk diketahui bahwa, jika nama anda adalah 'nama umum' (nama yang umumnya banyak digunakan orang seperti; Bambang, Anto, Siti atau Fatimah) maka, mungkin akan sulit untuk menjadikan nama asli anda tersebut sebagai nama pengguna (alamat email).
Sebagai contoh nama Siti Fatimah. Nama ini banyak digunakan oleh wanita-wanita di indonesia. Kemungkinan besar sudah ada orang lain sebelum anda yang terlebih dahulu menggunakan nama tersebut.

Jika memang nama yang anda inginkan telah digunakan oleh pendaftar sebelumnya maka, berilah tambahan sesuatu pada nama asli anda.

Hal ini bertujuan agar sistem dapat membedakan kemiripan nama, antara anda dengan pengguna yang lainnya.

TIPS :
Saat membuat email Gmail, anda bisa menambahkan tahun kelahiran, tempat tinggal atau kalimat apapun yang dianggap pantas, di belakang nama asli anda. Pada contoh ini saya menambahkan kata "sendawar", dengan maksud menunjukkan tempat tinggalnya. Sehingga nama pengguna Gmail yang digunakan menjadi siti.fatimah.sendawar@gmail.com

Dengan cara tersebut, anda tetap dapat menggunakan nama asli anda

Buat Sandi
Langkah berikutnya adalah membuat sandi untuk email baru anda.

Buat sandi : Isilah dengan sandi yang anda inginkan dengan membuat kata minimal delapan karakter
Konfimasi sandi anda : Ketik ulang kata sandi yang sebelumnya telah anda masukkan
Perlu diperhatikan bahwa, sandi bukanlah sesuatu yang bersifat main-main. Sandi dapat diibaratkan sebagai sebuah kunci rumah. Ketika anda lupa menaruhnya maka anda tidak akan bisa masuk ke dalamnya.
TIPS :
Sebagai sebuah kunci, sandi harus dirancang dengan baik. Gunakan minimal 8 (delapan) karakter yang dipadu menjadi satu. Contoh misalnya :
Jika ingin membuat sandi dengan kata "sempurna" (satu suku kata), maka anda dapat menulisnya dengan S3mpuRn4.

Dan bila ingin membuat sandi dengan kata "sempurna sekali" (dua suku kata), maka anda dapat menulisnya dengan S3mpuRn4-s3k4li.

Dengan cara tersebut anda telah membuat sandi yang rumit, yaitu dengan memadukan huruf besar, angka dan huruf kecil. Anda dapat melihat hasilnya di bawah ini.

Membuat sandi yang rumit


Untuk diketahui bahwa membuat sandi dengan cara di atas juga memiliki kelemahan. Sandi mungkin lebih sulit untuk diingat. Jadi pastikan untuk mengingat dengan baik, sandi yang telah anda buat pada saat membuat email Gmail.

Artikel terkait : Lupa Sandi Gmail dan Cara Memulihkannya

Tanggal Lahir dan Gender
Data selanjutnya yang harus anda masukkan ketika membuat email di Gmail adalah Tanggal Lahir dan Gender (jenis kelamin).

Tanggal lahir : Isilah sesuai dengan tanggal, bulan dan tahun kelahiran anda
Gender : Isilah sesuai dengan jenis kelamin anda

Anda tidak akan mengalami kesulitan saat memasukkan data diri tersebut.

Ponsel
Saat membuat email baru, Gmail akan melakukan verifikasi melalui nomor ponsel. Anda diminta untuk mengisi kolom ponsel dengan nomor handphone (aktif) yang anda gunakan.

Jika anda menggunakan nomor handphone, masukkan nomor handphone tanpa angka 0 diawal nomor anda.

Perlu diketahui bahwa, jika pada waktu sebelumnya anda pernah membuat email di Gmail dan anda pernah memasukkan nomor ponsel yang sama dengan nomor ponsel yang anda masukkan saat ini, maka Gmail menganggap bahwa anda pernah mendaftar sebelumnya dan tidak akan melakukan verifikasi lagi pada nomor tersebut.

Namun jika nomor ponsel yang anda masukkan adalah nomor baru, maka nantinya anda akan melalui proses Verifikasi Akun melalui ponsel, yang dilakukan oleh pihak Gmail. Agar panduan ini lengkap, kita nantinya akan melalui proses verifikasi tersebut.

Alamat email saat ini
Salah satu cara membuat email Gmail yang benar adalah dengan memasukkan alamat email lainnya yang sudah anda miliki. Ini merupakan bagian penting namun sering diabaikan.

Apabila anda sudah pernah membuat email sebelumnya (email dimana saja) maka masukkan alamatnya disini. Jika anda belum pernah membuat email sebelumnya, kolom ini boleh dikosongkan.

Meskipun demikian, "sangat disaran untuk tetap mengisi kolom ini". Alamat ini nantinya dapat digunakan sebagai alamat email pemulihan, apabila suatu saat anda melupakan kata sandi akun gmail baru ini.

Buktikan bahwa Anda bukan robot
Untuk meyakinkan sistem bahwa anda adalah manusia dan bukan robot maka anda harus melalui verifikasi gambar.

Ketik Teks : Masukkan Kata atau Angka, sebagaimana terlihat pada gambar yang ditampilkan.

Lokasi
Pilih Negara atau wilayah tempat tinggal anda. Jika anda tinggal di Negara Indonesia, maka pilih Indonesia pada menu scroll down yang tersedia.

Menyetujui Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google
Sebelum anda melanjutkan ke tahap berikutnya, periksa kembali data-data yang telah anda masukkan ke dalam form pembuatan email baru di Gmail.

Form lengkap untuk membuat email baru gmail

Apabila telah sesuai, beri tanda centang pada 'Saya menyetujui Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google'. Dan selanjutnya klik Langkah berikutnya.

2. Verifikasi Akun Melalui Ponsel

Ketika membuat email Gmail, setiap calon pengguna harus melalui proses Verifikasi Akun. Maka dari itu pada tahapan selanjutnya akan muncul halaman Verifikasi Akun.

Lakukan beberapa langkah di bawah ini :

- Periksa kembali nomor ponsel
- Pilih Pesan Teks (SMS)
- Kemudian klik tombol Lanjutkan

Seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

Verifikasi Akun Gmail

Pihak Gmail akan mengirimkan 6 (enam) digit kode verifikasi melalui pesan teks (SMS) ke nomor ponsel yang telah anda berikan.

Apabila dalam waktu lebih dari 15 menit anda belum juga menerima pesan singkat dari Gmail, klik pada tulisan coba lagi yang terletak di bagian kanan bawah. Ini untuk memberitahukan pihak Gmail bahwa anda belum menerima pesan teks (SMS) verifikasi.

Setelah anda menerima pesan singkat yang dikirim oleh google (Gmail), masukkan keenam digit kode verifikasi pada kolom yang telah disediakan. Selajutnya klik pada tombol lanjutkan.

Selamat! Anda telah berhasil, membuat email baru di Gmail. Klik Lanjutkan untuk masuk ke Akun Saya.

'Akun Saya' adalah halaman yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan-pengaturan terhadap Akun Gmail yang anda miliki, seperti; info dan privasi, keamanan serta preferensi akun.

Untuk langsung masuk ke dalam Gmail, Klik toolbar menu dengan gambar deretan kotak. yang terletak di sebelah kanan atas. Selanjutnya pilih icon Gmail.

Berikutnya akan tampil menu utama Gmail. Anda sebaiknya membaca beberapa pesan penyambutan yang dikirimkan oleh Tim Gmail.

Pada akhirnya saya ucapkan selamat atas keberhasilan anda membuat sebuah akun di Google .

Itulah cara membuat email Gmail yang benar dan mudah. Bagikan alamat email anda dan mulailah untuk mencoba mengirim email pertama anda.

2 komentar

Bagaimana kalau nama dengan 4 kata,,? seperti Muhammad Riski Ananto Putra
Bagaimana kalau lupa pasword,,?

Malam Bapak Riski..

1. Nama anda mengandung 4 suku kata. sebenarnya bisa saja anda memasukkan dua suku kata awal di dalam kolom pertama dan dua suku kata akhir di kolom kedua.

Yang jelas, nama yang dimasukkan ke dalam kolom pertama akan digunakan oleh Gmail sebagai nama anda pada kotak masuk. Jadi, jika anda memasukkan Muhammad Riski dikolom pertama, maka nama inilah yang muncul pada kotak masuk anda.

2. Jika anda lupa kata sandi, anda bisa klik pada tulisan butuh bantuan? atau lupa sandi? yang terletak di bagian bawah. ikuti instruksinya dan pihak Gmail akan melakukan konfirmasi melalui no ponsel yang pernah anda masukkan saat pendaftaran.

Semoga bisa membantu..


EmoticonEmoticon