10 Cara Memilih Laptop Dengan Spesifikasi Terbaik

Bagaimana cara memilih laptop dengan spesifikasi terbaik menjadi pertanyaan yang sering diajukan oleh siapa saja yang berencana membeli laptop. Banyaknya pilihan merek, model dan tingkatan spesifikasi di pasaran, terkadang justru membingungkan para calon pembeli laptop.

Untuk dapat menentukan laptop dengan spesifikasi yang tepat, anda setidaknya perlu mengetahui terlebih dahulu, apa sebenarnya yang anda butuhkan dari sebuah laptop.

Atau dengan kata lain, anda dapat memahami dengan baik untuk tujuan apa laptop tersebut nantinya akan digunakan. Hal ini penting karena kebutuhan akan selalu berkaitan dengan spesifikasi.

Itulah sebabnya mengapa para produsen memproduksi laptop dengan berbagai tingkatan spesifikasi. Ini sebenarnya bertujuan untuk mengantisipasi beragamnya tingkat kebutuhan dari para konsumennya.
Spesifikasi laptop terbaik adalah spesifikasi yang dapat membantu mencukupi kebutuhan komputasi harian anda.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kebutuhan komputasi harian anda maka akan semakin tinggi juga spesifikasi laptop yang anda perlukan.

Artikel terkait : 2 Chromebook Terbaik Yang Layak Anda Beli

Permasalahannya adalah, spesifikasi yang tinggi cenderung memiliki harga yang lebih mahal. Hal ini tentunya berkaitan dengan biaya produksi. Sebab biaya produksi untuk pembuatan spesifikasi akan bergantung dari tingkatan spesifikasi itu sendiri.

Semakin tinggi tingkatan spesifikasi maka akan semakin tinggi juga harga yang ditawarkan. Sehingga semakin tinggi spesifikasi yang anda inginkan maka akan semakin tinggi pula budget (anggaran belanja) yang harus anda persiapkan.

Cara terbaik untuk memilih laptop dengan spesifikasi terbaik dengan menyeimbangkan antara kebutuhan komputasi anda dengan anggaran belanja yang dimiliki.

Hal ini dimaksudkan agar anda tidak perlu membayar spesifikasi yang sebenarnya tidak anda perlukan.

Bagaimana Cara Memilih Laptop

Untuk membantu memberikan gambaran, saya telah merangkum beberapa hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan ketika memilih laptop.

Setidaknya terdapat sepuluh cara dalam menentukan spesifikasi ketika berencana membeli laptop. Diharapkan nantinya, anda dapat dengan mudah memilih laptop dengan spesifikasi terbaik, sesuai dengan kebutuhan.

Kesepuluh cara memilih tersebut dapat anda ketahui di bawah ini :

1. Ketahui Kebutuhan Anda

Sebelum menentukan pilihan, hal pertama yang harus diketahui adalah untuk apa sebenarnya anda membeli laptop?

Mengetahui dengan benar untuk kebutuhan apa laptop tersebut nantinya akan digunakan, dapat membantu anda menemukan spesifikasi laptop yang tepat sesuai dengan aktivitas anda.

Apabila anda belum mengetahui secara pasti, mungkin ada baiknya bila kita menyimak terlebih dahulu beberapa daftar kebutuhan umum dari pengguna laptop, seperti di bawah ini :
Pengguna Laptop Kebutuhan & Aktivitas
Pelajar, Mahasiswa, Pegawai Mengedit dokumen, browsing internet, mendengar Musik, menonton video
Desainer Grafis, Engeneer, Teknik Sipil Editing gambar/vektor, desain bentuk dan modeling 3D, editing video
Gamers Bermain game, khususnya game kelas atas, baik online maupun offline
Traveler, Pebisnis, Pekerja LapanganDesain tipis, ringan, mudah dibawa, tahan goncangan dan hemat baterai
Tabel di atas menunjukkan bahwa, sebenarnya terdapat beberapa kategori pengguna laptop dengan masing-masing kebutuhan dasar yang berbeda.

Kategori tersebut didasarkan pada kebiasaan, aktivitas dan karakteristik yang sering dilakukan oleh masing-masing pengguna laptop.

Sangat penting untuk mengetahui apa sebenarnya karakteristik dasar anda? dan di kategori mana anda berada? Cara tersebut dapat memberikan gambaran tentang kebutuhan anda dan spesifikasi mana yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

2. Menentukan Processor

Processor adalah komponen inti yang harus diperhatikan dengan baik saat memilih laptop. Hal ini mengingat, prosesor bertugas sebagai pengatur sistem komputer secara keseluruhan. Kecepatan pemrosesan data akan sangat bergantung pada jenis dan kemampuan processor tersebut.

Di bawah ini terdapat gambaran mengenai spesifikasi processor yang diperlukan untuk masing-masing karakteristik serta kebutuhan pengguna laptop :
Pengguna LaptopKebutuhan ProcessorAktifitas
Pelajar, Mahasiswa, PegawaiIntel Mobile - Core I3Edit Dokumen
Desainer Grafis, Engeneer, Teknik SipilIntel Core I5 - I7Desain Grafis
GamersIntel Core I5 - I7Memainkan Game
Traveler, Pebisnis, Pekerja LapanganIntel Mobile - Core MTraveling

3. Mengetahui Kebutuhan Memori

Memori merupakan komponen spesifikasi penting lainnya yang juga harus diperhatikan. Fungsi memori akan terlihat jelas ketika anda melakukan kegiatan multitasking.

Saat anda menjalankan dua atau tiga program secara bersamaan, maka memori akan berperan sebagai tempat penampungan sementara dari data-data yang akan diproses oleh prosesor.

Di bawah ini terdapat gambaran mengenai kebutuhan memori, untuk masing-masing pengguna laptop yaitu :
Pengguna LaptopKebutuhan MemoriAktivitas
Pelajar, Mahasiswa, Pegawai2 GB - 4 GBMengedit Dokumen
Desainer Grafis, Engeneer, Teknik Sipil8 GB - 16 GBDesain Grafis
Gamers8 GB - 16 GBMemainkan Game
Traveler, Pebisnis, Pekerja Lapangan2 GB - 8 GBTraveling

4. Memilih Graphics Chipset

Graphics chipset berguna untuk mengubah sinyal digital dari laptop menjadi tampilan grafis pada layar. Prosesor dan memori yang terdapat pada graphics chiphet, sangat berperan terhadap kecepatan transfer data yang akan dirubah ke dalam tampilan grafis.

Menentukan graphics chipset yang tepat juga termasuk ke dalam salah satu cara memilih spesifikasi laptop. Terlebih bagi mereka yang berprofesi sebagai desainer grafis. Hal ini mengingat aplikasi desain grafis membutuhkan graphics dengan presisi yang bagus

Demikian juga halnya jika anda seorang gamers, cara memilih laptop untuk game juga harus memperhatikan jenis dari Graphics Chipset. Sebab game-game kelas atas umumnya membutuhkan graphics dengan kecepatan yang memadai.

Anda dapat memilih jenis graphics chipset terbaik sesuai dengan kebutuhan, melalui tabel di bawah ini :
Pengguna LaptopKebutuhan GraphicsAktivitas
Pelajar, Mahasiswa, PegawaiIntel HD SeriesMengedit Dokumen
Desainer Grafis, Engeneer, Teknik SipilNvidia Quadro SeriesDesain Grafis
GamersNvidia Geforce SeriesMemainkan Game
Traveler, Pebisnis, Pekerja LapanganIntel HD SeriesTraveling

5. Menentukan Ukuran Layar

Tanpa kita sadari, memilih ukuran layar laptop, dapat mempengaruhi kegiatan komputasi harian anda. Ukuran layar tidak hanya mempengaruhi desain dan bentuk laptop, namun juga akan berdampak pada penggunaan daya baterai.

Ukuran layar yang kecil tentunya membutuhkan daya baterai yang lebih rendah dibanding dengan ukuran layar yang lebih besar.

Disamping itu juga, laptop dengan ukuran layar yang lebih besar, cenderung memiliki dimensi dan bobot yang lebih besar dan berat dibanding laptop dengan ukuran layar yang lebih kecil.

Namun pada beberapa kondisi, ukuran layar yang besar menjadi faktor yang justru harus dipertimbangkan saat memilih spesifikasi laptop. Ukuran layar merupakan salah satu penunjang terbaik saat mengerjakan desain grafis maupun bermain game.

Ukuran layar yang lebih besar juga termasuk ke dalam salah satu spesifikasi yang harus dipertimbangkan oleh pelajar dan mahasiswa.

Hal ini mengingat bahwa banyak dikalangan pelajar dan mahasiswa yang menjadi laptop sebagai perangkat media All In One, yaitu berfungsi sebagai komputer, media player maupun tempat bermain games.

Bagi pekerja kantoran, programer dan blogger, ada baiknya memilih laptop dengan ukuran layar yang memadai. Coba bayangkan, berapa jam dalam sehari waktu yang anda habiskan untuk melakukan aktivitas pengetikan. Sayangi diri anda. Mata anda akan lelah memandangi huruf-huruf mungil dilayar yang kecil.

Untuk lebih mudah dalam pemilihan spesifikasi layar yang tepat, di bawah ini dicontohkan beberapa ukuran layar yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna :
Pengguna LaptopKebutuhan LayarAktifitas
Pelajar, Mahasiswa, PegawaiMinimal 14"Edit Dokumen
Desainer Grafis, Engeneer, Teknik SipilMinimal 15"Desain Grafis
GamersMinimal 17"Memainkan Game
Traveler, Pebisnis, Pekerja LapanganMaksimal 13"Traveling

6. Menentukan Resolusi Layar

Cara memilih laptop yang baik juga harus mempertimbang kebutuhan Resolusi layar. Ukuran resolusi yang ideal akan sangat membantu aktifitas pengguna laptop dengan kebutuhan tertentu.

Resolusi adalah tingkat kepadatan pixel gambar pada layar laptop. Tingkat kepadatan pixel tersebut berfungsi untuk menyajikan detail dari suatu gambar. Meskipun ukuran layar laptop satu dengan yang lainnya sama, namun terkadang memiliki resolusi yang berbeda-beda.

Resolusi layar yang tinggi mampu menampilkan gambar yang berkualitas dan ini sangat dibutuhkan oleh Desainer Grafis, Gamers dan para penikmat film beresolusi tinggi.

Untuk membantu anda mendapatkan spesifikasi laptop terbaik, berikut ini terdapat gambaran resolusi ideal yang dibutuhkan oleh masing-masing karakter pengguna laptop :
PenggunaResolusi TerbaikAktifitas
Pelajar, Mahasiswa, Pegawai1366 x 768Mengedit Dokumen
Desainer Grafis, Engeneer, Teknik Sipil1920 x 1280Desain Grafis
Gamers1920 x 1280Memainkan Game
Traveler, Pebisnis, Pekerja Lapangan1366 x 768Traveling

7. Media Penyimpanan

Media penyimpanan merupakan salah satu komponen spesifikasi yang dapat mempengaruhi kinerja laptop. Menggunakan laptop dengan jenis media penyimpanan yang tepat tentu akan menunjang kegiatan komputasi anda.

Anda pastinya sudah familiar dengan istilah Hard Disk Drive (HDD), namun bagaimana dengan istilah Solid State Drive (SDD)? Pernahkah anda mendengarnya? Keduanya adalah media penyimpanan, tempat dimana sistem operasi, program serta data-data anda diletakkan.

Lalu, apa perbedaan keduanya?

Sebagian besar laptop yang beredar dan banyak digunakan saat ini masih menggunakan HDD (Hard Disk Drive) sebagai media penyimpanan data.

Namun teknologi HDD masih dirasakan belum optimal karena masih menggunakan komponen mekanik. Selain membutuhkan konsumsi daya yang lebih besar, HDD juga rentan terhadap goncangan dan benturan.

Saat ini para produsen laptop sudah mulai menyertakan media penyimpanan dengan tipe SSD (Solid State Drive). Teknologi SSD menggunakan memori NAND Flash yang bersifat non-violate, sehingga memiliki kecepatan yang lebih bagus, konsumsi daya yang lebih kecil serta tahan terhadap goncangan dan benturan.

Hanya saja, salah satu kelemahan SSD adalah harganya yang masih lebih mahal dibandingkan dengan media penyimpanan jenis HDD

Untuk memilih jenis media penyimpanan terbaik, di bawah ini diberikan gambaran mengenai jenis media penyimpanan yang tepat, sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna, yaitu :
PenggunaMedia PenyimpananAktifitas
Pelajar, Mahasiswa, PegawaiHDDEdit Dokumen
Desainer Grafis, Engeneer, Teknik SipilHDDDesain Grafis
GamersSSDMemainkan Game
Traveler, Pebisnis, Pekerja LapanganSSDTraveling
Bagi anda para pekerja lapangan, peneliti dan traveler, ada baiknya bila menggunakan laptop yang telah dilengkapi dengan media penyimpanan bertipe SSD.

Selain mampu menghemat penggunaan daya baterai, SSD juga mampu meminimalisir kerusakan data akibat goncangan dan benturan,selama anda melakukan perjalanan.

Untuk para gamers, akan lebih bagus bila anda memilih menggunakaan SSD. Teknologi pada SSD mampu mempercepat proses transfer data dari game-game berat yang anda mainkan.

8. Memilih Desain

Desain memang tidak mempengaruhi kinerja laptop secara langsung, namun desain biasanya dirancang untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Itulah mengapa desain dan bentuk termasuk ke dalam salah satu cara memilih laptop.

Desain laptop biasanya dipengaruhi oleh adanya efesiensi spesifikasi. Beberapa diantaranya adalah: ukuran layar, jenis processor, graphics chipset, heatsink fan (kipas pendingin) dan keyboard.

Para traveler, pebisnis, peneliti lapangan atau siapapun yang sering melakukan aktivitas komputer di luar ruangan, sebaiknya membeli laptop dengan desain yang ringan, tipis dan mudah dibawa.

Artikel terkait : Spesifikasi Asus Zenbook UX305 Ultrabook Yang Elegan

Para pekerja kantoran yang sering mengedit dokumen dan laporan bulanan, para programer, dan para blogger, sebaiknya menggunakan laptop dengan spesifikasi keyboard yang nyaman.

Keyboard

Bagi para Desainer Grafis dan Gamers. Kebutuhan anda adalah detail gambar yang bagus, dengan kecepatan yang memadai. Jenis processor, graphics chipset, heatsink fan dan ukuran layar, akan mempengaruhi bentuk dari desain laptop pada tipe ini.

Para Gamers dan Desainers sepertinya tidak memiliki pilihan lain selain laptop dengan desain yang lebar, tebal dan berat.

9. Daya Tahan Baterai

Ketahanan daya baterai merupakan salah satu hal yang juga perlu mendapat perhatian saat memilih. Ketahanan daya baterai selain dipengaruhi oleh jenis dan kualitasnya, dapat pula dipengaruhi oleh berbagai komponen spesifikasi laptop yang lainnya.

Beberapa contoh spesifikasi yang mempengaruhi penggunaan daya baterai adalah: jenis processor, jenis graphics chipset, Wireless Lan, Bluetooth dan ukuran layar.

Pemilik hobi traveling dan pekerja outdoor, akan lebih baik jika menggunakan laptop dengan ukuran layar yang kecil, dengan procesor berjenis mobile dan graphics chipset bertipe standar,

Hal ini dimaksudkan agar spesifikasi tersebut nantinya dapat mengurangi konsumsi penggunaan daya baterai.

10. Memilih Konektifitas

Pada saat ini, hampir semua laptop dengan spesifikasi terbaru, telah dilengkapi dengan berbagai sarana konektifitas. Anda hanya perlu mempertimbangkan, Apakah ingin merasakan penambahan fitur baru atau tidak pada sisi konektifitas?

Sebagai contoh, Wireless sudah mengeluarkan versi terbarunya 802.11ac, dengan kecepatan 867 Mbit/s. USB sudah sampai pada versi USB3 dengan kecepatan 10x. Demikian juga dengan Bluetooth yang sudah berada pada versi 4.2.

Anda bebas menentukan spesifikasi terbaik yang anda perlukan. Namun perlu juga diketahui bahwa penambahan fitur baru pada sisi konektifitas akan diiringi dengan peningkatan pada sisi harga.


Itulah beberapa gambaran yang dapat anda pertimbangkan saat akan membeli laptop. Apabila anda bukan seorang pemain game maka anda tidak membutuhkan laptop dengan graphics chipset kelas atas. Anda tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk sesuatu yang sebenarnya tidak anda butuhkan.

Demikian juga sebaliknya. Jika anda seorang Desainer yang sering menggunakan program editing gambar, maka anda membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi. Graphics Chipset kelas atas akan menampilkan detail gambar yang lebih berkualitas.

Sejauh ini anda telah mengetahui 10 cara memilih laptop dengan spesifikasi terbaik. Sekaranglah saatnya untuk membeli. Berbelanjalah dengan bijak dan seimbangkan antara kebutuhan dengan budget yang anda miliki.


EmoticonEmoticon